Beberapa Gangguan yang akan Ditimbulkan Narkoba bagi Kesehatan


Times Indonesia - Sudah tidak diragukan lagi jika narkoba itu akan membayakan. Meski membahayakan tetapi peyalahgunaan obat obatan terlarang ini semakin marak saja diberbagai negara seluruh dunia, termasuk dinegara kita ini Indonesia. 

Obat obatan terlarang itu dikenal oleh masyarakat dengan nama Narkoba yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan berbahaya lainnya. Awalnya para pengguna obat obatan ini hanya tergoda dan ingin merasakan kesenangan sesaat atau sebagai pelarian dari sebuah masalah yang sedang dihadapinya. Padalah penggunaan narkoba ini akan dapat merusak terhadap kesehatan baik itu secara fisik atau juga kejiwaan. 

Obat itu diibaratkan seperti dua sisi mata uang, dimana obat itu akan dapat bermanfaat dan juga akan dapat merugikan. Penggunaan obat akan efektif untuk menyembuhkan sebuah penyakit jika digunakannya itu sesuai dengan aturan, dosis, dan juga dibawah pengawasan dokter. 

Tetapi sebaliknya obat obatan itu akan menimbulkan masalah jika penggunaannya itu salah misalnya mengkonsumsinya itu tanpa pengawasan dokter dan juga tidak tepat dasar tujuan penggunaannya.
Oleh karena itulah sebagian jenis obat obatan hanya boleh dikonsumsi jika mendapat anjuran dari dokter dan dengan ketatnya pengawasan. 

Akan terganggunya kesehatan jika obat obatan seperti narkotika, psikotropika, dan obat obatan terlarang itu salah didalam penggunaannya. Berikut beberapa gangguan yang akan ditimbulkan narkoba bagi kesehatan diantaranya yaitu : 

Gangguan Kondisi Otak dan Tubuh Secara Umum 

Penggunaan narkoba ini akan dapat mempengaruhi kemampuan seseorang didalam menjalani hidup yang sehat dan didalam mengambil keputusan yang benar. Obat obatan itu akan berpengaruh bagi kesehatan dalam jangka panjang. 

Gangguan Sel Saraf Dalam Otak 

Mengkonsumsi narkoba secara berulang didalam jangka waktu yang panjang maka akan memicu terjadinya perubahan pada sel saraf didalam otak, lalu akan terganggunya komunikasi antar sel saraf. Dan bahkan ketika sudah dihentikannya konsumsi, agar efek dari obat obatan itu benar benar hilang maka dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. 

Mengalami Dehidrasi  


Bahaya dari salah satu jenis narkoba yaitu ekstasi maka efeknya akan dapat menyebabkan dehidrasi dan juga elektrolit menjadi tidak seimbang. Dehidrasi ini nantinya akan menyebabkan penggunanya itu akan mengalami kejang kejang, serangan panik, halusinasi, dada merasa sakit, dan juga perilaku yang agresif. Dan otak juga kemungkinannya akan mengalami kerusakan jika digunakan dalam jangka panjang.

Akan Bingung Dan Hilang Ingatan 

Golongan obat obatan yang mengandung asam gamma hidroksibutirat dan rohypnol akan dapat mengakibatkan efek sedative, kebingungan, hilang ingatan, perubahan perilaku, koordinasi tubuh yang terganggu, dan tingkat kesadaran akan menurun. 

Halusinasi 

Halusinasi akan dirasakan seseorang ketika mengkonsumsi mariyuana atau ganja. Selain halusinasi mereka juga akan mengalami muntah, peningkatan tekanan darah dan denyut nadi, gangguan kecemasan, kebingungan, dan juga paranoia. Penggunaan mariyuana ini juga akan menyebabkan efek panjang yaitu akan terganggunya mental seperti depresi dan juga gangguan kecemasan. 

Itulah beberapa gangguan yang akan ditimbulkan narkoba bagi kesehatan. Selain itu masih ada gangguan yang lainnya seperti akan mengalami kejang hingga kematian. 

0 comments:

Post a Comment