Ini Dia Beberapa Zat Berbahaya Didalam Rokok


Setiap tahunnya diseluruh dunia menurut data WHO tahun 2015 lebih dari 5 juta orang meninggal dunia akibat merokok. Setiap tahunnya angka ini bisa meningkat hingga 8 juta orang per tahunnya hingga 2030 dan ini sesuatu hal yang tidak bisa dikendalikan. 

Di Indonesia saja pada tahun 2010 lalu sebanyak 200 ribu orang meninggal akibat merokok. Hal ini sama saja dengan setiap harinya itu akan akan adanya 548 orang yang meninggal dunia. Yang menjadi korban tidak hanya perokoknya saja karena rokok ini juga akan merugikan bagi orang orang yang ada disekitar perokok. 

Sebuah Riset Kesehatan Dasar ditahun 2010 mengatakan jika ada 92 juta orang di Indonesia ini sebagai perokok pasif dengan jumlah 62 juta wanita dan 30 juta orangnya laki laki. Dan diantara angka itu anak anak dari usia 0 hingga 4 tahun sekitar 11,4 juta. 

Lalu apa yang sebenarnya membuat rokok ini begitu berbaya bagi kesehatan? Didalam rokok ini terdapat 7000 zat kimia yang 69 eksternal yang mempunyai sifat karsinogenik atau penyebab kanker. 

Berikut beberapa zat berbahaya didalam rokok diantaranya yaitu :  

Nikotin


Nikotin yang terkandung didalam rokok jumlahnya sangat banyak. Nikotin itu sendiri merupakan zat adiktif atau candu yang akan membuat kecanduan para perkokok sehingga untuk menghentikannya akan merasa kesulitan. Nikotin ini akan memberikan banyak efek buruk untuk kesehatan yaitu akan meningkatkan darah dan denyut jantung, serangan jantung dan stroke, merusak otak jaringan, dan juga arteri jantung akan mengeras. 

Amonia 

Rokok itu mengandung ammonia yang akan menyebabkan nikotin lebih adiktif. Saat ammonia ini bereaksi dengan nikotin maka akan mengubah nikotin itu menjadi bentuk gas sehingga akan memudahkan nikotin terserap oleh paru paru, saluran pernapasan, dan juga saluran pernapasan. 

Tar 


Tar merupakan partikel padat yang akan timbul pada saat rokok sedang dibakar. Partikel ini nantinya akan masuk dan mengendap didalam tubuh, dan lama kelamaan akan membentuk residu yang berwarna coklat dan lengket. Residu inilah yang akan membuat perokok memiliki warna gigi yang kuning kecoklatan. 

Karbon Monoksida 

Karbon monoksida merupakan gas yang dihasilkan dari tidak sempurna pembakaran. Asa rokok ini 5 % nya adalah karbon monoksida yang akan mempunyai kemampuan didalam mengikat hemoglobin sehingga akan menyebabkan kurangnya oksigen didalam tubuh. Hal inilah yang akan menyebabkan para perokok akan merasa tidak bugar dan lemas. 

Arsenik 


Arsenik ini merupakan logam berat yang terdapat pada asap tembakau yang akan dengan mudah akan bisa meracuni, merusak pembuluh darah, jantung, dan kemampuan sel untuk memperbarui diri akan berkurang, dan juga akan menyebabkan kanker. Arsenik didalam jangka pendek akan menyebabkan bau nafas, berlebihnya keringat, dan saraf akan terganggu. 

Itulah beberapa zat berbahaya didalam rokok. Selain itu masih ada zat yang lainnya seperti kadmium, formaldehida, aseton, asetilena, benze, DDT, dan methanol. Begitu banyak zat berbahaya didalam rokok yang akan mengganggu kesehatan, masihkan berani untuk merokok???

Terus kunjungi Times Indonesia ya, karena situs ini akan memberikan berbagai macam kategori populer untuk bacaan dan informasi harian kamu.

0 comments:

Post a Comment