5 Makanan Khas Semarang yang Paling Recommended


Timesindonesia.com - Semarang adalah kota yang menjadi ibukota dari Provinsi Jawa Tengah yang cukup terkenal di Indonesia.

Di kota tersebut kamu akan menemukan cukup banyak tempat wisata dan makanan khas. Semarang sendiri berada di pantai utara yang menjadi penghubung langsung antara Jakarta dan Surabaya.

Semarang termasuk kedalam 5 kota metropolitan terbesar setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung.

Lawang Sewu merupakan salah satu landmark khas dari kota tersebut. Lawang Sewu sendiri sebuah bangunan bersejarah di Indonesia yang telah didirikan sejak tahun 1904 oleh Belanda.

Bangunan tersebut oleh masyarakat Semarang disebut sebagai Lawang Sewu. Pasalnya bangunan tersebut memiliki banyak sekali pintu, meski memang jika ditotalkan jumlahnya itu tidak akan sampai hingga seribu pintu.

Tetapi selain itu yang cukup populer sebagai pilihan saat singgah ke Semarang adalah makanan khas Semarang seperti wingko, soto, dan bandeng presto.

Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini 5 makanan khas Semarang yang paling recommended diantaranya yaitu:

1. Tahu Gimbal



Hidangan Tahu Gimbal ini terdiri dari tahu goreng, irisan sayur kol mentah, lalu ditambah dengan tauge, telur, dan udang.

Tahu Gimbal disajikan bersama kuah segar yang terbuat dari bumbu kacang yang terbuat dari bahan kacang tanah, cabai, dan petis udang.

Makanan khas ini sangat cocok disantap disiang hari dan didampingi menu lainnya. Salah satu Tahu Gimbal yang paling enak di Semarang adalah Tahu Gimbal Pak Man yang berada di tengah kota Semarang.

2. Babat Gongso



Babat Gongso merupakan makanan khas dari jeroan sapi berupa babat yang dimasak lalu disajikan dengan kuah manis pedas.

Bumbu bumbu yang digunakan pada babat gongso ini seperti cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, dan daun salam.

Yang membuat babat gongso ini begitu khas adalah proses memasaknya yang masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan menggunakan tungku sehingga terciptanya rasa khas.

Babat gongso Pak Karmin yang berada di Jalan Pemuda adalah salah satunya yang terkenal di kota Semarang.

3. Lumpia



Makanan khas Semarang Lumpia ini dibuat dari tepung yang dibentuk menjadi lembaran lalu digulung dan diberi berbagai isian.

Biasanya lumpia Semarang diberi isian daging, udang, dan rebung. Akan disajikan bersama saus manis, sangat cocok dimakan bersama nasi dan menu lainnya.

Baca juga: 10 Ucapan Ulang Tahun Untuk Sahabat Tersayang yang Berkesan

4. Bandeng Presto



Yang membuat Bandeng Presto ini begitu khas adalah sesuai dengan namanya, sebelum ikan bandeng ini disajikan dipresto terlebih dahulu atau dimasak dengan uap air panas sehingga duri bandeng yang keras akan menjadi lunak dan saat dimakan akan terasa sangat enak.

Bumbu bumbu pada bandeng presto berupa bawang putih, garam, dan kunyit yang akan menambah cita rasa. Biasanya ikan bandeng diolah dengan cara digoreng, dipepes, atau disajikan dengan menu lainnya.

5. Soto Semarang



Soto Semarang merupakan makanan khas yang diberi kuah kaldu bening kekuningan yang dipadukan dengan santan sebagai campurannnya.

Untuk penyajiannya terdiri dari semangkuk nasi soto, mie beras, irisan ayam, dan juga kerupuk kerak yang dibuat dari nasi yang telah dikeringkan.

Kamu juga bisa menambahkan lauk lainnya seperti sate kerang, sate telur puyuh, dan sate ati sebagai pendampingnya.

Selain itu masih ada makanan khas Semarang lainnya yang paling recommended yaitu Wingko Babat yang terbuat dari tepung beras ketan, kelapa muda, dan gula.

Wingko disajikan dalam bentuk bundar pipih dan biasanya banyak diburu para wisatawan untuk dijadikan oleh oleh.

Baca juga: 10 Hotel Murah Di Semarang Di Bawah RP 500 Ribu

0 comments:

Post a Comment