Bagaimana Sih Cara Diet Sehat? Ini Dia Jawabannya

cara-diet-sehat

Timesindonesia.com - Kegiatan diet sangat erat kaitannya dengan upaya memangkas porsi makan untuk menurunkan berat badan.

Itu sebabnya, mengapa label diet kerap menempel pada orang-orang yang bertubuh gemuk. Padahal, program diet itu bukan hanya untuk menurunkan berat badan saja lho.

Pada faktanya, ada sebagian orang yang justru melakukan diet untuk menambah berat badannya, atau menjaga agar berat badannya tetap stabil.

Istilah diet itu sendiri merupakan serapan kata dari bahasa Inggris, yang secara harfiah berarti “maknaan yang biasa dimakan”.

Namun, ada juga sebagian yang menganggap bahwa istilah diet ini berasal dari bahasa Yunani kuno yang berarti “cara hidup”.

Pada intinya, istilah diet ini merujuk pada sebuah kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup umat manusia.

Jika kamu terbiasa mengonsumsi makanan-makanan yang berlemak, maka kamu dikategorikan sebagai orang yang menjalani program diet berlemak.

Begitu pun dengan kebiasaan konsumsi makanan manis, itu artinya kamu sedang menjalani program diet tinggi gula.

Seiring dengan berjalannya waktu, barulah istilah diet lebih populer dengan artian sebagai cara atau metode untuk membatasi porsi makanan dan memilih sumber makanan untuk mencapai tujuan tertentu, dan pada umumnya untuk menurunkan berat badan.

Istilah diet di era sekarang juga sering diartikan sebagai rencana penyesuaian pola makan, termasuk rekomendasi serta pantangan menu, untuk mengelola kondisi kesehatan tertentu.

Salah satu contohnya diet mediterania, yang ditujukan untuk para pengidap penyakit jantung. Lain halnya dengan jenis diet dash, yang ditujukan untuk mengendalikan kolesterol dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Dengan kata lain, kegiatan diet itu bukan hanya untuk menurunkan berat badan saja. Pengaturan pola makan memiliki berbagai tujuan yang berbeda, dan tergantung pada masing-masing individu.

Kapan Waktu Tepat Untuk Melakukan Diet Sehat?


Pada dasarnya, tidak ada aturan khusus yang menetapkan waktu tepat pada seseorang untuk menjalani program diet sehat.

Ya, seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, karena diet itu sebenarnya adalah kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup manusia.

Oleh karenanya, kamu bisa mulai mengubah kebiasaan makan menjadi lebih baik dari sebelumnya kapan saja.

Pola makan yang sehat dan seimbang juga turut andil dalam membantu setiap organ tubuh, agar bisa bekerja lebih maksimal.

Apabila nutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi dengan baik, maka tubuh kita akan rentan terhadap berbagai jenis penyakit, infeksi, kelelahan, hingga daya tahan tubuh yang semakin menurun.

Haruskah Orang Yang Sehat Melakukan Diet?


Mengingat program diet itu adalah sebuah kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup, maka tidak ada larangan khusus bagi siapapun.

Dengan kata lain, orang yang sehat juga boleh menjalani program diet, selama diet yang dijalaninya itu bertujuan untuk mempertahankan kesehatan tubuh maupun menjaga berat badannya agar tetap ideal.

Selain terbatas untuk orang sehat, program diet juga bisa dilakukan orang yang sedang sakit, atau bagi mereka yang ingin menurunkan atau menambahkan berat badannya.

Untuk orang yang menjalani diet sehat dalam rangka menurunkan atau menambah berat badannya itu tidak hanya sebatas pada pola makan sehat saja, melainkan juga disertai dengan latihan fisik.

Nah, secara kebetulan, pada kesempatan kali ini akan memberikan 10 cara diet sehat. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini:

1. Konsumsi Makanan Yang Berserat


Cara diet sehat yang pertama adalah konsumsi makanan yang berserat. Serat adalah salah satu nutrisi yang bisa menurunkan berat badan dan menjaganya supaya tidak cepat naik kembali.

Serat ini bisa anda temukan di makanan seperti buah, sayur dan kacang-kacangan.

2. Kurangi Konsumsi Karbohidrat Olahan


Karbohidrat yang telah diolah sedemikian rupa sehingga serat dan nutrisi lainnya hilang. Jenis karbohidrat olahan ini antara lain roti tawar, tepung dan pasta.

3. Kunyah Makanan Dengan Benar


Cara diet sehat berikutnya adalah dengan memperhatikan cara mengunyah. Sebisa mungkin kunyah makanan dengan benar.

Setiap anda makan dengan terburu-buru dan tidak menguyahnya dengan baik, artinya anda tidak memberikan waktu pada perut untuk mengirimkan sinyal kenyang menuju otak.

Maka dari itu, dengan mengunyah yang benar dapat membantu anda merasa kenyang dan tidak makan berlebihan.

4. Perhatikan Asupan Nutrisi


Guna mendapatkan manfaat yang lebih optimal, menu diet sehat ini harus mengandung beragam nutrisi esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Karena nutrisi esensial ini merupakan nutrisi yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dengan makanan yang mengandung nutrisi tersebut.

Dalam hal ini, nutrisi esensial yang harus ada dalam menu diet sehat itu terbagi menjadi 2 kategori, yaitu makronutrien dan mikronutrien.

Dimana makronutrien ini merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan jumlah yang cukup besar untuk memberikan energi pada tubuh.

Makronutrien ini terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein. Sedangkan mikronutrien merupakan zat gizi yang mendukung kinerja tubuh dan hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil saja.

5. Perbanyak Konsumsi Sayur


Dalam hal ini anda harus mengonsumsi menu makanan yang didominasi sayur seperti salad sebelum makan besar bisa membuat anda jenyang dan bisa membuat anda makan dengan porsi lebih sedikit.

Baca juga: Kanker Serviks Itu Apa Sih? Ini Dia Penjelasannya

6.  Hindari Diet Yang Ekstrim


Diet seperti ini biasanya sangat ketat dan sulit untuk dipertahankan. Akibatnya justru berat badan anda akan naik turun dengan cepat.

7. Pastikan Tubuh Selalu Terhidrasi Dengan Baik


Memang kebutuhan air bagi setiap orang berbeda-beda. Namun, dengan meminum air lebih banyak bisa mendukung diet alami penurunan berat badan anda.

Oleh karena itu, cobalah untuk minum air paling tidak 2 liter sehari dengan membiasakan diri membawa botol minum sendiri di rumah.

Dengan demikian, anda akan merasa kenyang lebih lama nantinya jika kebutuhan air di dalam tubuh tercukupi.

8. Kurang Konsumsi Garam


Dengan mengurangi konsumsi garam merupakan salah satu cara diet sehat yang sangat efektif. Karena konsumsi sodium berlebihan bisa membuat tubuh kesulitan untuk memproses metabolisma lemak.

Untuk mendapatkan rasa gurih anda bisa menggunakan garam laut asli yang mengandung lebih sedikit sodium atau cottage cheese ke dalam telur dadar.

9. Makan Buah Apel


Cara diet sehat lainnya adalah dengan mengonsumsi buah apel. Sebuah apel memiliki kurang dari 200 kalori dengan kandungan protein dan serat yang tinggi sehingga bisa membantu tubuh anda untuk menahan nafsu makan.

Bukan hanya itu, buah apel juga mampu mengatur kadar gula darah supaya tetap stabil dan siap membuat anda tetap bertenaga.

10. Bakar Kalori Dengan Rajin Olahraga


Agar supaya program dan cara diet sehat berhasil dan mencapi berat badan yang ideal, anda juga harus menyeimbangkan kalori yang masuk dengan kalori yang dibakar. Maka dari itu, luangkanlah waktu untuk melakukan olahraga, dan lebih aktif bergerak.

Baca juga: 6 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

0 comments:

Post a Comment