Skip to main content

6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui


Timesindonesia.com - Pastinya mereka para pecinta salad dan orang yang sedang menjalani pola hidup sehat sudah tidak asing lagi dengan manfaat minyak zaitun yang biasanya digunakan untuk memasak ataupun hanya sekedar tambahan didalam hidangan yang akan disajikan.

Minyak zaitun adalah lemak yang diambil dari sebuah pohon zaitun yang berasal dari daerah Mediterania.

Minyak zaitun ini berbeda dengan minyak lainnya karena dianggap sebagai minyak sehat yang bisa kamu jadikan sebagai alternative pengganti mentega, margarin, ataupun minyak sayur.

Bisa dibilang minyak zaitun ini sebagai minyak yang serbaguna, karena ada beragam manfaat yang ditawarkan minyak zaitun mulai dari untuk menjaga kesehatan hingga memberikan nutrisi bagi kulit.

Lalu manfaat minyak zaitun untuk kesehatan itu apa saja? Berikut dibawah ini 6 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang perlu diketahui diantaranya yaitu:

1. Melindungi Organ Jantung


Jantung merupakan organ yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan menjadi organ tubuh yang paling penting.

Diet Mediterania yang seringkali menambahkan minyak zaitun kedalam makanan yang akan dikonsumsi dipercaya dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Khasiat minyak zaitun yang dapat melindungi organ jantung dikarenakan efeknya yang dapat menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, menjaga dinding pembuluh darah, menurunkan peradangan, dan juga menjaga kadar kolesterol didalam tubuh.

2. Berpotensi Menanggulangi Penyakit Alzheimer


Salah satu manfaat dari minyak zaitun yang satu ini tidak main main yaitu dapat menanggulangi penyakit Alzheimer.

Minyak zaitun dipercaya dapat menghilangkan plak beta-amyloid yang dicurigai sebagai pemicu utama penyebab penyakit Alzheimer.

Tetapi hal tersebut baru ditemukan pada tikus dan belum dilakukan penelitian terhadap manusia.

3. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2


Diet Mediterania yang seringkali menggunakan minyak zaitun lagi lagi terbukti efektif dapat menjaga kesehatan. Adanya sebuah riset yang menemukan jika diet Mediterania ini bisa mencegah diabetes tipe 2.

Baca juga: 6 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Kaya Akan Lemak Tidak Tersaturasi


Adanya beberapa senyawa didalam minyak zaitun yang menawarkan manfaat bagi kesehatan. Dan salah satunya adalah lemak tidak tersaturasi didalam minyak zaitun.

Lemak tidak tersaturasi didalam minyak zaitun yang diberinama asam oleat memang mendominasi 73 persen dari kandungan didalam minyak zaitun.

Asam Oleat ini akan berkontribusi didalam daftar manfaat minyak zaitun untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

5. Mencegah Penyakit Stroke


Minyak zaitun tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan peluang terkena diabetes tipe 2 saja, tetapi juga dapat mencegah stroke.


Sebuah penelitian menunjukkan jika banyak mengkonsumsi minyak zaitun maka akan beresiko rendah terkena stroke. Tetapi manfaat minyak zaitun untuk mencegah stroke ini masih memerlukan studi yang lebih lanjut.

6. Mendukung Penurunan Berat Badan


Pastinya manfaat minyak zaitun untuk menurunkan berat badan ini sudah tidak asing lagi. Karena minyak zaitun ini masuk kedalam salah satu daftar makanan sehat yang boleh dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan juga menurunkan berat badan.

Mengkonsumsi minyak zaitun tidak akan menyebabkan meningkatnya berat badan atau obesitas, justru salah satu manfaat dari minyak zaitun adalah untuk menurunkan berat badan.

Selain itu masih ada manfaat minyak zaitun untuk kesehatan lainnya yang perlu diketahui seperti memiliki kadar antiradang yang tinggi, mencegah pankreatitis akut, mengurangi resiko depresi, mengandung antibakteri, tinggi akan antioksidan, dan mencegah penyakit colitis ulseratif.

Meski menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi didalam mengkonsumsi minyak zaitun ini tidak berlebihan karena tetap mengandung lemak, sehingga konsumsi secukupnya saja.

Baca juga: Bagaimana Sih Cara Diet Sehat? Ini Dia Jawabannya 

Comments

Popular posts from this blog

Seperti Inilah Keunggulan Aplikasi IDN Times yang Tidak Dimiliki Oleh Aplikasi Berita Lainnya

  Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar masyarakat kita telah beralih dari media konvensional ke situs-situs berita. Seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin pesat, kini mulai bergeser ke penggunaan aplikasi-aplikasi berita.  Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat aplikasi-aplikasi berita ini memiliki banyak keunggulan dibanding media konvensional maupun situs berita. Ya, salah satunya adalah situs IDN Times yang sekarang telah menghadirkan aplikasi berita bernama IDN App.  Lantas, keunggulan seperti apa sajakah yang dimilikinya? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai keunggulan dari IDN App, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Mengusung Tampilan Newsfees yang Simple dan Jelas Keunggulan pertama dari IDN App yang tidak dimiliki oleh aplikasi berita lainnya, yakni memiliki tampilan newsfeed yang simple dan jelas. Itu artinya, kamu sebagai pengunjung tidak perlu lagi repot-repot untuk meng-klik dalam memproses deret

Fortune Indonesia Sebagai Media Bisnis untuk Millennial dan Generasi Z

  Perilisan Fortune Indonesia akhirnya secara resmi mengeluarkan edisi perdananya dengan kolaborasi IDN Media. Fortune sebagai media yang mempunyai pengaruh besar untuk mengembangkan dan memberikan fasilitas terkait bisnis. Karena keterkenalan Fortune di dunia menjadikannya dijadikan sebagai media bisnis dan ekonomi terpercaya. Anggapan itu karena Fortune selalu mengutamakan kualitas dari informasi yang disampaikannya kepada pengguna. Apa Itu Fortune? Sebelum mengenal kolaborasinya dengan IDN Media, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu Fortune. Fortune merupakan media global yang fokus dengan dunia bisnis dan ekonomi, berdirinya di New York, Amerika Serikat. Keberadaan Fortune menjadi media terkemuka di dunia karena perannya dalam menyakinkan pebisnis cukup besar. Dulunya terdapat sejarah kelam yang membuat bisnis kocar kacir, hingga pada akhirnya Fortune berdiri dan mengajak semuanya untuk bangkit dari keterpurukan itu. Peran Fortune Dalam Kolaborasinya dengan IDN Media IDN Media seb

Pengertian, Dalil dan Hadist Tentang Sedekah Menurut Islam

Sedekah dalam agama Islam berarti menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk digunakan di jalan Allah SWT. Kegiatan bersedekah bisa diartikan sebagai kegiatan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu.  Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ketika bersedekah. Hadist tentang sedekah juga sudah banyak diriwayatkan.  Kegiatan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu atau fakir miskin dalam Islam bisa berupa zakat dan sedekah. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan sebagian harta kepada orang yang berhak atau orang yang tidak mampu.  Namun, keduanya memiliki hakikat yang berbeda. Berikut ini adalah pengertian sedekah yang membedakan dengan zakat dan keutamaannya. Pengertian Sedekah Sedekah dan zakat merupakan kegiatan berbagi dengan sesama. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif dan dapat dilakukan oleh siapa saja.  Namun, hukum sedekah dalam Islam berbeda dengan hukum zakat. Sedekah memiliki sifat sunnah yakni jika dilakukan mendapat p