6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui


Timesindonesia.com - Pastinya mereka para pecinta salad dan orang yang sedang menjalani pola hidup sehat sudah tidak asing lagi dengan manfaat minyak zaitun yang biasanya digunakan untuk memasak ataupun hanya sekedar tambahan didalam hidangan yang akan disajikan.

Minyak zaitun adalah lemak yang diambil dari sebuah pohon zaitun yang berasal dari daerah Mediterania.

Minyak zaitun ini berbeda dengan minyak lainnya karena dianggap sebagai minyak sehat yang bisa kamu jadikan sebagai alternative pengganti mentega, margarin, ataupun minyak sayur.

Bisa dibilang minyak zaitun ini sebagai minyak yang serbaguna, karena ada beragam manfaat yang ditawarkan minyak zaitun mulai dari untuk menjaga kesehatan hingga memberikan nutrisi bagi kulit.

Lalu manfaat minyak zaitun untuk kesehatan itu apa saja? Berikut dibawah ini 6 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang perlu diketahui diantaranya yaitu:

1. Melindungi Organ Jantung


Jantung merupakan organ yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan menjadi organ tubuh yang paling penting.

Diet Mediterania yang seringkali menambahkan minyak zaitun kedalam makanan yang akan dikonsumsi dipercaya dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Khasiat minyak zaitun yang dapat melindungi organ jantung dikarenakan efeknya yang dapat menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, menjaga dinding pembuluh darah, menurunkan peradangan, dan juga menjaga kadar kolesterol didalam tubuh.

2. Berpotensi Menanggulangi Penyakit Alzheimer


Salah satu manfaat dari minyak zaitun yang satu ini tidak main main yaitu dapat menanggulangi penyakit Alzheimer.

Minyak zaitun dipercaya dapat menghilangkan plak beta-amyloid yang dicurigai sebagai pemicu utama penyebab penyakit Alzheimer.

Tetapi hal tersebut baru ditemukan pada tikus dan belum dilakukan penelitian terhadap manusia.

3. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2


Diet Mediterania yang seringkali menggunakan minyak zaitun lagi lagi terbukti efektif dapat menjaga kesehatan. Adanya sebuah riset yang menemukan jika diet Mediterania ini bisa mencegah diabetes tipe 2.

Baca juga: 6 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Kaya Akan Lemak Tidak Tersaturasi


Adanya beberapa senyawa didalam minyak zaitun yang menawarkan manfaat bagi kesehatan. Dan salah satunya adalah lemak tidak tersaturasi didalam minyak zaitun.

Lemak tidak tersaturasi didalam minyak zaitun yang diberinama asam oleat memang mendominasi 73 persen dari kandungan didalam minyak zaitun.

Asam Oleat ini akan berkontribusi didalam daftar manfaat minyak zaitun untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

5. Mencegah Penyakit Stroke


Minyak zaitun tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan peluang terkena diabetes tipe 2 saja, tetapi juga dapat mencegah stroke.


Sebuah penelitian menunjukkan jika banyak mengkonsumsi minyak zaitun maka akan beresiko rendah terkena stroke. Tetapi manfaat minyak zaitun untuk mencegah stroke ini masih memerlukan studi yang lebih lanjut.

6. Mendukung Penurunan Berat Badan


Pastinya manfaat minyak zaitun untuk menurunkan berat badan ini sudah tidak asing lagi. Karena minyak zaitun ini masuk kedalam salah satu daftar makanan sehat yang boleh dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan juga menurunkan berat badan.

Mengkonsumsi minyak zaitun tidak akan menyebabkan meningkatnya berat badan atau obesitas, justru salah satu manfaat dari minyak zaitun adalah untuk menurunkan berat badan.

Selain itu masih ada manfaat minyak zaitun untuk kesehatan lainnya yang perlu diketahui seperti memiliki kadar antiradang yang tinggi, mencegah pankreatitis akut, mengurangi resiko depresi, mengandung antibakteri, tinggi akan antioksidan, dan mencegah penyakit colitis ulseratif.

Meski menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi didalam mengkonsumsi minyak zaitun ini tidak berlebihan karena tetap mengandung lemak, sehingga konsumsi secukupnya saja.

Baca juga: Bagaimana Sih Cara Diet Sehat? Ini Dia Jawabannya 

0 comments:

Post a Comment