10 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Ibu Hamil

manfaat-air-kelapa-hijau


Timesindonesia.net - Terdapat banyak manfaat air kelapa hijau untuk tubuh, khususnya jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Beberapa mitos mengatakan bahwa air kelapa hijau dapat membantu menebalkan rambut bayi dan membuat kulit bayi menjadi lebih bersih dan cerah.

Namun, ternyata kebenaran tentang mitos ini belum terbukti secara ilmiah. Mengenai mitos tersebut, Anda boleh mempercayainya maupun tidak.

Terlepas dari mitos yang beredar, nyatanya air kelapa hijau memang memiliki banyak sekali manfaat. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Air Kelapa Hijau sebagai Antioksidan bagi Tubuh


Air kelapa hijau mengandung antioksidan dan elektrolit yang baik untuk ibu hamil. Antioksidan sangat dibutuhkan tubuh untuk memerangi efek polusi yang saat ini semakin memenuhi udara.

Jika Anda bosan mengkonsumsi buah dan sayur untuk memperoleh asupan antioksidan, Anda dapat mencoba meminum air kelapa hijau.

2. Air Kelapa Hijau Dapat Menjernihkan Air Ketuban


Manfaat air kelapa hijau yang kedua yakni dapat membantu menjernihkan air ketuban karena elektrolit dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Kedua zat tersebut memiliki kemampuan menyerap lendir serta kotoran yang terdapat dalam air ketuban.

3. Air Kelapa Hijau Dapat Menjaga Berat Badan


Air kelapa hijau rendah kalori dan bebas lemak sehingga bermanfaat untuk menjaga berat badan ibu hamil tetap sehat karena dapat membantu mencegah lemak tertimbun dalam tubuh serta menghilangkan kolesterol jahat.

Air kelapa hijau sangat baik digunakan untuk pengganti minuman gula.

4. Air Kelapa Hijau Dapat Mempercepat Pertumbuhan Janin


Nutrisi baik yang terkandung dalam air kelapa hijau dapat meningkatkan kesehatan baik bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungan dan membantu mempercepat pertumbuhan bayi.

5. Air Kelapa Hijau Dapat Meringankan Rasa Mulas dan Sembelit


Selama masa kehamilan, hormon dalam tubuh ibu hamil dapat berubah dan menyebabkan bermacam masalah seperti gangguan pencernaan, sembelit, hingga maag.

Air kelapa hijau yang kaya serat makanan bermanfaat untuk memperkuat sistem pencernaan, mengatur kadar pH dalam tubuh, dan mencegah terjadi konstipasi.

Baca juga: 10 Ucapan Ulang Tahun Untuk Sahabat Tersayang yang Berkesan

6. Air Kelapa Hijau Dapat Meningkatkan Cairan Amniotik


Jika ibu hamil mengkonsumsi air kelapa hijau ketika memasuki trimester ketiga kehamilan dapat meningkatkan cairan ketuban, meningkatkan produksi darah dan memperlancar sirkulasi darah.

Sebagai ibu hamil, dianjurkan rutin mengkonsumsi air kelapa hijau sejak menginjak usia kehamilan 6 bulan hingga mendekati waktu melahirkan.

7. Air Kelapa Hijau Dapat Mencegah Infeksi Saluran Kemih


Salah satu keluhan kesehatan yang biasa dirasakan ibu hamil adalah infeksi saluran kemih. Namun, Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi air kelapa hijau.

Kandungan zat diuretik dapat membantu melancarkan ibu hamil buang air kecil sehingga terhindar dari risiko infeksi saluran kemih.

8. Air Kelapa Hijau Membantu Mengurangi Pegal


Jika ketika hamil Anda sering merasa pegal dan cepat lelah, hal tersebut bisa disebabkan karena aliran darah dalam tubuh kurang lancar.

Mengkonsumsi air kelapa hijau dapat membuat sirkulasi darah lebih lancar sehingga pegal-pegal dan rasa lelah dapat berkurang.

9. Air Kelapa Hijau Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan


Agar dapat mencegah penyakit sistem pencernaan, Anda dapat rutin meminum air kelapa hijau. Air kelapa hijau dapat membantu memelihara kesehatan sistem pencernaan khususnya bagi ibu hamil.

10. Air Kelapa Hijau Dapat Mencegah Berbagai Macam Penyakit


Kandungan antioksidan dan asam laurat terbukti dapat membantu tubuh mencegah berbagai penyakit.
Demikian 10 manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil.

Selain memiliki rasa yang enak, air kelapa hijau juga tidak memiliki efek buruk bagi kesehatan sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

Baca juga: 15 Referensi Ucapan Selamat Pagi untuk Pacar

0 comments:

Post a Comment