5 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan, Luar Biasa Baik!

manfaat-jahe-merah-untuk-kesehatan

TimesIndonesia.net - Selain untuk dijadikan bumbu dapur, ternyata jahe sudah berabad-abad digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Perlu diketahui bahwa jahe merupakan anggota zingiberanceae, artinya, jahe ini masih bersaudara dengan kunyit, kencur, lengkuas dan lain sebagainya. Dan jenis jahe yang sering digunakan sebagai obat herbal adalah jahe merah. Lalu apa saja manfaat jahe merah untuk kesehatan? Berikut di bawah ini beberapa manfaat baik jahe merah untuk kesehatan di antaranya, yaitu: 

1. Mengatasi Gangguan Degeneratif Hingga Penyakit Menular

Manfaat pertama jahe merah untuk kesehatan adalah dapat mengatasi gangguan degeneratif hingga penyakit menular. Menurut jurnal dalam US National Library of Medicine National Institute of Health, dinyatakan bahwa jahe merah sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk gangguan degeneratif (rematik dan radang sendi). Bukan hanya itu, jahe ini juga bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan (sembelit dan mag), gangguan kardiosvakular (hipertensi dan aterosklerosis), diabetes, dan muntah-muntah.

2. Antipenuaan dan Kanker

Selain untuk kesehatan, ternyata jahe ini juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Dimana, jahe merah ini bersifat anti-inflamasi dan anti-oksidatif yang dapat mengendalikan proses penuaan. Selain itu, jahe merah ini juga bermanfaat sebagai antimikroba yang bisa membantu dalam mengobati penyakit menular. Bahkan, digadang-gadang jahe merah ini juga bisa mencegah berbagai penyakit kanker. Walaupun demikian, manfaat jahe merah untuk mencegah kanker ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaatnya itu. 

Baca juga: Kumpulan Artikel Terbaru Tentang Manfaat Makanan Alami dari Popbela

3. Dapat Meredakan Nyeri Saat Haid

Jahe merah juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan nyeri saat datang haid pada wanita. Memang haid ini merupakan hal yang normal bagi wanita, namun terkadang datang haid ini sering disertai dengan rasa sakit yang sangat. Tentunya hal ini bisa membuat tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Nah, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengonsumsi jahe merah. Dalam hal ini, ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa jahe merah yang dikonsumsi bisa meredakan nyeri saat haid pada wanita. Bahkan, khasiat jahe merah ini diklaim tidak jauh berbeda dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat.

Untuk bisa mendapatkan manfaat jahe merah ini, Anda bisa mengonsumsi air rebusan jahe merah sedikitnya 4 gelas. Minum air rebusan tersebut dalam dua hari masa awal menstruasi. Dengan mengonsumsi air rebusan jahe merah ini bisa memberikan efek menenangkan dari nyeri saat haid.

4. Dapat Menurunkan Glukosa Darah Hingga Kolesterol

Manfaat lainnya yang bisa Anda temukan pada jahe merah ini adalah dapat menurunkan glukosa darah hingga kolesterol. Bukan hanya itu, dengan mengonsumsi jahe merah ini secara rutin dapat menurunkan kolesterol LOL (lemak jahat), trigserida, sekaligus dapat meningkatkan HDL (lemak baik). 

5. Menangkal Infeksi Bakteri dan Virus

Manfaat jahe merah yang terakhir adalah untuk menangkal infeksi bakteri dan virus. Karena kandungan gingerol pada jahe merah ini diklaim dapat menghambat infeksi bakteri, seperti E-coli, Shigela, bahkan virus COVID-19 sekalipun yang sekarang sedang merebak di mana-mana. Selain itu, jahe merah ini juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga bisa mencegah kerusakan DNA dan stres. Bahkan, dengan mengonsumsi jahe merah ini secara rutin juga bisa mengatasi flu dan pilek. 

Selain itu masih ada manfaat lainnya dari jahe merah seperti dapat meredakan gejala batuk dan sakit tenggorokan, mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, dan dapat mengatasi rematik.

Itu dia beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Setelah tau, Anda bisa langsung mencoba mengolah jahe ke dalam bentuk rebusan air yang dikonsumsi harian atau ke dalam olahan makanan. Selamat mencoba!

Baca juga: 10 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Ibu Hamil

0 comments:

Post a Comment