8 Macam Makanan Khas Palembang yang Wajib Dicoba!

8-makanan-khas-palembang

TimesIndonesia.net - Memang tidaklah sempurna rasanya jika berkunjung ke suatu tempat namun tidak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Khususnya jika Anda berencana akan mengunjungi Kota Palembang yang terkenal akan pempeknya. Tak hanya terkenal dengan pempek, ternyata Kota Palembang juga memiliki beragam makanan lezat yang khas lainnya lho. Bagi kalian yang penasaran, artikel kali ini akan membahas tentang 8 makanan khas Palembang yang wajib banget untuk dicoba. Yuk kita simak ada apa saja!

1. Sambal Tempoyak

8-makanan-khas-palembang

Makanan khas Palembang yang pertama adalah Sambal Tempoyak. Sambal biasanya identik dengan rasa yang pedas saja, namun sambal yang satu ini memiliki citarasa yang asam, pedas dan manis dengan sedikit rasa durian di ujungnya. Sambal yang satu ini akan lebih cocok disajikan untuk menemani sup pindang, atau nasi panas dengan lauk ikan maupun ayam goreng. Banyak rumah makan yang menyediakan sambal ini di Palembang, salah satunya adalah RM Musi Rawas. Dimana, sambal ini menjadi pelengkap untuk beragam menu olahan ikan air tawar khas Palembang. Rumah makan ini berlokasi di Jl. Angkatan 45 No 18, Lorok Pakjo, ilir Barat I, Lorok Pakjo, ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB. Harganya juga cukup murah yakni sekitar Rp 5 ribu saja.

2. Model

Makanan khas Palembang selanjutnya adalah Model. Makanan ini terbuat dari bahan ikan tenggiri, tahu China, tepung sagu dan telur yang disajikan dengan kuah udang yang khas. Makanan yang satu ini sangat mirip dengan tekwan, namun bedanya makanan ini menggunakan tahu China. Makanan ini ini bisa anda temukan di penjual kaki lima pempek maupun restoran pempek yang ada di Kota Palembang.

3. Pecah Seribu/Kerupuk Retak Seribu

Makanan khas Palembang lainnya yang bisa anda coba adalah Pecah Seribu/Kerupuk Retak Seribu. Kerupuk makanan ringan khas Palembang ini memiliki citarasa yang khas. Selain itu, kerupuk ini memiliki tekstur seperti retak atau pecah. Kerupuk ini bisa menjadi pelengkap makan nasi hangat atau model maupun tekwan. 

4. Kue Delapan Jam

Makanan khas Palembang lainnya yang berupa kue basah adalah Kue Delapan Jam. Mengapa kue ini dinamakan dengan Kue Delapan Jam, karena memang proses pembuatannya membutuhkan waktu kurang lebih delapan jam. Dari segi komposisi, makanan ini sama dengan kue lapis maksuba dan dikukus selama depalan jam. Selain itu, kue ini juga biasanya disajikan pada hari raya. 

5. Kue Bolu Suri

kue-bolu-suri-khas-palembang

Makanan yang satu ini hampir mirip dengan bika ambon. Namun yang membedakannya adalah komposisi dan cara pembuatannya yang lebih mudah dan sederhana. Kue ini juga biasanya disajikan pada hari raya.  

6. Kue Gandus

Kue Gandus ini terbuat dari bahan tepung beras dan tepung kanji. Selain itu, makanan ini memiliki tekstur yang legit dan lembut. Yang uniknya, cara penyajian makanan ini biasanya ditambah dengan abon atau ebi, daun seledri, potongan cabe merah, dan taburan bawang goreng. 

7. Kue Lapis Kojo

kue-lapis-kojo-khas-palembang

Kue Lapis Kojo ini merupakan salah satu makanan ringan khas Palembang yang sering ditemukan di hari raya masyarakat Palembang. Rasanya yang sangat manis dan berwarna hijau ini dijamin akan bisa memanjakan lidah anda. Dalam pembuatan Kue Lapis Kojo ini banyak menggunakan bahan telur bebek dan telur ayam. 

8. Kue Lapis Maksuba

Makanan khas Palembang berikutnya yang bisa anda coba adalah Kue Lapis Maksuba. Makanan yang satu ini mirip dengan Kue Lapis Kojo. Namun yang membedakannya adalah Kue Lapis Maksuba ini mengandung susu kental manis dan warnanya tidak hijau. Cara pembuatannya juga sama, yakni dengan cara dipanggang. 

Nah, itu dia 8 macam makanan khas Palembang dari kami yang bisa Anda ketahui. Semuanya menarik dan menggugah selera ya! Tandai artikel ini dan simpan sebagai referensi Anda untuk kunjungan ke Kota Palembang kelak.

Baca juga: 10 Hotel Murah di Semarang di Bawah 500ribu

0 comments:

Post a Comment