Ini Dia Beberapa Jenis Pekerjaan Terpopuler di Tahun 2020

pekerjaan-terpopuler-di-tahun-2020


timesindonesia.net - Memiliki pekerjaan yang sesuai dengan bakat serta bergaji tinggi, tentunya menjadi impian bagi semua orang. Menurut data dari WEF (World Economic Forum), yang menyebutkan bahwa ada beberapa jenis pekerjaan yang hilang di tahun 2020 lho. Pasalnya, pekerjaan-pekerjaan tersebut akan tergeser oleh pekerjaan yang memang dibutuhkan di tahun 2020. Lantas, seperti apa sajakah jenis pekerjaan yang paling populer di tahun 2020? Nah, biar kamu gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Digital Marketing

Jenis pekerjaan pertama yang populer di tahun 2020, yakni berupa digital marketing. Pasalnya, setiap HRD pada perusahaan membutuhkan banyak tenaga dalam bidang digital marketing yang menguasai kemampuan SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), data analisis, email marketing, CMS (Content Management System, dan aktif di berbagai media sosial. 

Mengenai cara kerjanya, pada digital marketing ini diharuskan untuk memasarkan produk dan jasa yang dijual oleh perusahaan melalui kanal digital seperti website, email, media sosial, nlog, dan channel digital lainnya. Itu sebabnya, mengapa peran seorang digital marketing begitu penting dalam sebuah perusahaan untuk menjalankan promosi yang sesuai target. 

2. Guru

Tak hanya digital marketing, menjadi guru juga merupakan salah satu jenis pekerjaan yang paling banyak digandrungi pada tahun 2020 ini. Menurut data yang diperoleh  dari Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), yang menunjukkan bahwa Indonesia kekurangan guru yang mencapai 870 ribu orang. Sebagian besar kekurangan guru ini terdapat pada tingkat pendidikan sekloah dasar (SD). 

Tak hanya dari segi kuantitas, penyebaran guru pun kerap terjadi tidak merata. Hasilnya, jumlah guru yang ada di daerah pelosok dan terpencil sangatlah terbatas. Jika kondisi ini terus dibiarkan, bagaimana dengan nasib anak-anak sebagai penerus bangsanya? Mengingat akan hal itu, banyak orang yang tertarik untuk menekuni profesi mulia yang satu ini. 

3. Data Analis

Ahli data alias data analis menjadi salah satu jenis profesi yang paling banyak dicari oleh perusahaan. Hal itu pun terbukti, dimana hampir seluruh industry pasti membutuhkan tenaga data analis. Lantas, seperti apakah cara kerja dari seorang data analis? Adapun mengenai cara kerja dari seorang data analis seperti berikut:

  • Mampu membaca

  • Mampu memahami

  • Menterjemahkan data yang berupa angka menjadi sebuah laporan yang mudah dimengerti

Jika kamu berminat untuk menjadi seorang data analis, maka kamu harus memiliki beberapa skill bahasa pemograman yang terdiri dari sql, Qracle, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, kamu juga harus memiliki skill matematika – statistic dan memahami software adobe campaign. Pada umumnya, orang-orang yang berprofesi sebagai data analis ini adalah mereka yang lulusan IT, ekonomi, matematika, dan manajemen. 

4. Programmer Cs (yang Berkaitan Dengan IT)

Apakah kamu termasuk lulusan ilmu komputer, teknologi informasi (IT), atau memiliki keahlian tersebut? Jika iya, maka kamu berpeluang besar untuk bekerja sebagai programmer, software developer, software QA, system engineer, dan ahli keamanan cyber. Pasalnya, perusahaan sangat membutuhkan orang yang ahli dalam bidang ini untuk melindungi semua data penting dari serangan para hacker maupun kejahatan cyber lainnya. Terlebih sekarang ini banyak bermunculan perusahaan startup, financial technology (fintech), hingga merebaknya situs e-commerce yang mengandalkan IT sebagai backbone. Menurut kabar yang beredar, gaji seorang programmer CS itu berkisar antara Rp 5,5 juta hingga Rp 60 juta per bulannya lho. 

5. Desainer Produk

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kreatifitas dan inovatif merupakan salah satu keterampilan yang banyak dicari oleh perusahaan di tahun 2020 ini. Ya, seperti halnya desainer produk, yang memang paling banyak dicari oleh perusahaan untuk kegiatan komersial dan industry. Sesuai dengan namanya, seorang desainer produk harus bisa merancang, menciptakan, mendesain, serta mengembangkan produk seperti otomotif, gadget, produk manufakur, dan masih banyak lagi. Mengenai gajinya, seorang desainer produk ini akan digaji mulai dari Rp 6 juta hingga Rp 30 jutaan per bulannya. 

6. Arsitek dan Insinyur

 Menurut informasi yang di dapat dari WEF, permintaaan arsitek dan insinyur dalam beberapa tahun ke depan diprediksi akan terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pekerjaan insinyur yang paling banyak dicari di tahun 2020 dan beberapa tahun kedepan itu diantaranya adalah insinyur biokimia, nanoteknologi, dan robotic. Sedangkan pekerjaan arsitek bisa menjadi incaran seiring berkembangnya pembangunan insfratruktur, perumahan, bangunan, dan lain sebagainya. Gaji seorang arsitek dimulai dari Rp 7 juta – Rp 50 juta per bulan, sementara gaji insiyur biokimia dan robotic bisa mencapai Rp 70 juta per bulan. 

7. Dokter dan Personal Trainer

Dalam dunia kedokteran, Indonesia merupakan salah satu Negara di dunia yang memiliki keunggulan tenaga dokter umum. Namun, Indonesia masih kekurangan dokter spesialis. Ya, terlebih didaerah-daerah pedalaman terpencil, dimana sangat jarang sekali ada dokter spesialis yang tersedia. Akibatnya, permintaan dokter spesialis diperkirakan akan terus mengalami peningkatan di tahun 2020. 

Di satu sisi, masyarakat sekarang ini sudah banyak yang menyadari bahwa pentingnya menerapkan pola atau gaya hidup yang sehat. Pusat-pusat kebugaran pun kian menjamur, serta membutuhkan tenaga personal trainer. Itu sebabnya, mengapa permintaan dokter spesialis dan personal trainer akan terus naik di tahun 2020 dan  beberapa tahun mendatang. Gaji dokter spesialis dimulai dari Rp 6 juta – Rp 70 juta per bulan, sedangkan personal trainer bergaji Rp 4 juta – Rp 20 juta per bulan. 

8. Akuntan dan Ahli Keuangan

Bagi kamu yang lulusan akuntansi, maka kamu sangat cocok bekerja di bidang akuntan dan ahli keuangan seperti auditor dan konsultan keuangan. Profesi yang satu ini selalu banyak dibutuhkan, mengingat jumlahnya di Indonesia yang tergolong masih sedikit. Hal itu terbukti, dimana tak sedikit perusahaan maupun lembaga keuangan yang membutuhkan tenaga akuntan untuk mengelola atau memanjemen keuangan dengan baik. Lantas, bagaimana dengan gajinya? Menurut informasi yang di dapat, gaji seorang akuntan dan ahli keuangan itu bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 10 juta per bulan. 

9. Pekerja Industri Kreatif

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa industry ekonomi ekonomi kreatif saat ini memang tengah naik daun. Ya, mulai dari aplikasi dan game developer, fashion, film, animasi, video, fotografi, kuliner, musik, periklanan, seni pertunjukan, penerbiatan, seni rupa, hingga media. Hal itu tentunya membutuhkan tenaga kreatif yang cukup banyak, dan Indonesia pun memiliki banyak juga kalangan muda kreatif yang penuh inovatif. Jika kamu berminat pada profesi yang satu ini, maka kamu akan mendapatkan gaji sebesar Rp 4 juta hingga Rp 60 juta per bulannya lho. 

Nah, itulah beberapa jenis pekerjaan paling populer di tahun 2020, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.    

Baca juga: Ini Dia Beberapa Aplikasi untuk Menyadap Whatsapp 




0 comments:

Post a Comment