Apa Itu IMEI Handphone dan Bagaimana Cara Mengeceknya?

pengertian-imei-handphone-dan-cara-mengeceknya

TimesIndonesia.net - Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa ponsel saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi kebanyakan orang. Ya, terang saja demikian, sebab sekarang ini kita tengah hidup di era yang serba digital.

Pada dasarnya, setiap hp baik yang android maupun iOS, entah itu yang harganya murah hingga yang mahal, semuanya sudah mempunyai nomor IMEI dengan sifat berbeda satu sama lainnya. Jika pada awalnya banyak orang yang tidak mempedulikan nomor IMEI, kini sebagian besar penggunanya sudah sadar akan manfaat nomor IMEI. Ya, hal tersebut karena telah beredar informasi mengenai pemblokiran hp black market oleh pemerintah melalui Kemenperin (Kementerian Perindustrian).

Perihal pemblokiran terhadap hp black market, permerintah juga masih disibukkan oleh aturan-aturan yang akan diberlakukan nanti, termasuk dalam menetapkan kapan regulasi baru tersebut akan mulai diterapkan. Meski pemblokiran terhadap hp black market di Indonesia masih sulit dilakukan, namun pemerintah tetap konsisten dan berupaya untuk merealisasikannya lho. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi mengenai IMEI, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pengertian IMEI

Istilah IMEI itu sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yang berperan sebagai nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk setiap slot kartu GSM yang diluncurkan oleh pihak produsen hp.

Mengingat tujuan dari dikeluarkannya untuk setiap slot SIM, maka hp yang mendukung slot kartu SIM ganda akan mempunyai dua nomor IMEI. Perlu kalian ketahui, bahwa nomor IMEI pada umumnya itu terdiri dari 15 sampai 16 digit, dimana salah satu nomor serinya berupa informasi tipe hp. Lalu, bagaimanakah cara cek imei handphone?

Cara Mengecek IMEI di Android dan iPhone

1. Melalui Kode Dialing *#06#

- Pertama-tama masuk ke menu “Dialer” pada layar hp androidmu

- Setelah itu ketik *#06#, kemudian tekan tombol telepon (Call / Panggil)

- Dengan demikian, maka secara otomatis akan muncul informasi seputar IMEI

2. Melalui Menu Pengaturan Ponsel

- Pilih menu “Settings” yang berupa kotak merah di layar hp kamu

- Setelahnya ketuk opsi “About Phone”

- Untuk mengetahui IMEI hp androidnya, kamu hanya tinggal memilih “Status”

Manfaat nomor IMEI Handphone yang Harus Anda Ketahui

  • Untuk Mengetahui Identitas HP
    Ketika kamu kebingungan untuk mencari tahu identitas hp lewat mana, maka kamu menggunakan nomor IMEI yang tertera pada box (kardus), baterai, maupun pada bodi bagian belakangnya. Tak hanya itu, kamu juga bisa langsung mengunjungi situs www.imei.info untuk mengecek identitas hp secara mendetail. 
  • Untuk Mengecek Garansi
    Selain berguna sebagai identitas hp, keberadaan nomor IMEI tersebut juga bisa kamu gunakan untuk mengecek garansi lho. Hal ini sangat membantu ketika kamu hendak membeli hp di online shop, sehingga kamu bisa mengecek terlebih dulu apakah hp yang dibeli itu masih dalam kondisi baru atau bekas? 
  • Bisa Melacak Keberadaan HP Yang Hilang
    Manfaat berikutnya dari nomor IMEI yang harus kalian ketahui, yakni dapat melacak keberadaan hp yang hilang. Melalui nomor IMEI, kamu pun tidak perlu lagi mengggunakan aplikasi-aplikasi khusus pelacak hp hilang. Namun, untuk melacak hp hilang melalui nomor IMEI ini harus menghubungi dulu pihak provider kartu SIM yang kamu gunakan, serta meminta untuk memblokir hp yang hilang melalui nomor IMEI.
Itulah informasi seputar pengertian IMEI Handphone dan bagaimana cara mengeceknya. Sudahkah Anda mencoba mengecek nomor IMEI gadget Anda?

0 comments:

Post a Comment