Skip to main content

Resep Membuat Sapo Tahu Sederhana Kaya Isian


Resep Membuat Sapo Tahu Sederhana Kaya Isian


Pernahkah Anda mendengar tentang nama sapo tahu? Sapo tahu adalah sebuah makanan yang berasal dari negeri China. Makanan ini sangat terkenal di Indonesia sejak jaman dahulu. Pada awalnya, sapo ini merupakan makanan yang dibuat khusus untuk vegetarian. Mengapa demikian? Dulu sapo tidak tercampur oleh bahan-bahan seperti ikan atau daging, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh vegetarian. 

Sapo tahu lebih banyak menggunakan bumbu berupa rempah dan sayur-sayuran. Tetapi kini, ada banyak sekali tambahan daging atau ikan yang bisa menyatu bersama di dalam mangkuk sapo tahu. Nama sapo tahu berasal dari alat yang digunakan untuk menghidangkannya, yakni panci sapo. Panci sapo atau claypot ini memang menjadi ciri khas masakan ini. Selama ini, banyak restoran menjualnya. Tetapi tahukah Anda bahwa Anda bisa memasaknya sendiri? Berikut ini adalah resep sapo tahu sederhana. 

Baca Juga : CARA MUDAH DAN SEDERHANA MEMBUAT SOTO AYAM KUNING BOGOR ENAK

RESEP SAPO TAHU

BAHAN-BAHAN

  • 4 potong tahu Jepang atau tahu sutra. 

  • 300 gram daging ayam tanpa tulang 

  • 3 batang wortel, lebih baik bila ukuran sedang

  • 8 siung bawang putih 

  • 8 buah jamur shitake 

  • 300 gram putren atau jagung muda 

  • 1 ruas jahe 

  • 3 buah cabe merah keriting. Boleh ditambah bila ingin rasa lebih pedas 

  • Kecap manis secukupnya 

  • Saus Tomat secukupnya

  • Garam secukupnya

  • Gula pasir secukupnya

  • Lada bubuk secukupnya

  • Tepung maizena secukupnya

  • Saus Tiram secukupnya

CARA MEMBUAT

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memotong semua bahan sayuran. Anda bisa memotongnya sesuai dengan selera. Bila sudah, sisihkan semua sayuran di sebuah wadah. 

  2. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak. Goreng tahu yang sudah disiapkan sampai warnanya menjadi kecoklatan. 

  3. Selanjutnya, siapkan wajan untuk menumis bumbu. Bumbu yang dimasukkan dalam wajan adalah bawang putih, jahe, cabe merah dan margarin. Anda bisa memasukkan margarin terlebih dahulu. Oseng sampai bumbu berbau harum. Jika sudah, masukkan ayam ke dalam wajan. Sebelum memasukkan ayam, Anda harus memotongnya terlebih dahulu menjadi bagian yang lebih kecil. Biasanya, daging ayam akan dipotong-potong berbentuk dadu. 

  4. Aduk tumisan bumbu dan ayam sampai tercampur rata. 

  5. Masukkan kecap manis, garam, gula, saus tiram dan merica ke dalam wajan. Tumis semua bahan tersebut sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan. Pastikan saos tiram dan bumbu lainnya sudah meresap ke dalam daging ayam. 

  6. Langkah berikutnya adalah masukkan wortel dan jagung muda. Setelah itu, tambahkan air. Fungsi air adalah membuat wortel menjadi lebih empuk. 

  7. Lakukan koreksi rasa. Jika menurut Anda kurang pas, tambahkan bumbu-bumbu seperti saus tiram dan garam. 

  8. Masukkan jamur shitake dan daun bawang ke dalam wajan. Aduk sampai merata dengan bahan-bahan lainnya. Selanjutnya, buatlah larutan tepung maizena. Jika sudah, tuangkan larutan tersebut. Aduk perlahan sampai kuah berubah menjadi kental. Fungsi dari tepung maizena adalah untuk mengentalkan kuah sapo tahu. 

  9. Langkah terakhir adalah memasukkan tahu yang tadi sudah digoreng sebelumnya. Aduk sebentar sampai sekiranya tahu sudah memiliki rasa dari semua bumbu sapo. 

  10. Sajikan selagi hangat. Anda bisa meletakkannya di wadah yang cukup cekung. 

Itu dia langkah-langkah untuk membuat olahan sapo tahu. Cukup mudah bukan? Kini Anda menjadi tahu bahwa tidak perlu jauh-jauh pergi ke restoran untuk bisa menikmatinya. Anda bisa mencoba memasaknya sendiri sambil belajar bagaimana cara membuatnya sampai rasa dari masakan tersebut tidak kalah dengan milik restoran. Tertarik untuk melakukannya?

Baca Juga : Resep Olahan Tahu Sederhana dan Enak, Wajib Coba !

Comments

Popular posts from this blog

Seperti Inilah Keunggulan Aplikasi IDN Times yang Tidak Dimiliki Oleh Aplikasi Berita Lainnya

  Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar masyarakat kita telah beralih dari media konvensional ke situs-situs berita. Seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin pesat, kini mulai bergeser ke penggunaan aplikasi-aplikasi berita.  Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat aplikasi-aplikasi berita ini memiliki banyak keunggulan dibanding media konvensional maupun situs berita. Ya, salah satunya adalah situs IDN Times yang sekarang telah menghadirkan aplikasi berita bernama IDN App.  Lantas, keunggulan seperti apa sajakah yang dimilikinya? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai keunggulan dari IDN App, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Mengusung Tampilan Newsfees yang Simple dan Jelas Keunggulan pertama dari IDN App yang tidak dimiliki oleh aplikasi berita lainnya, yakni memiliki tampilan newsfeed yang simple dan jelas. Itu artinya, kamu sebagai pengunjung tidak perlu lagi repot-repot untuk meng-klik dalam memproses deret

Fortune Indonesia Sebagai Media Bisnis untuk Millennial dan Generasi Z

  Perilisan Fortune Indonesia akhirnya secara resmi mengeluarkan edisi perdananya dengan kolaborasi IDN Media. Fortune sebagai media yang mempunyai pengaruh besar untuk mengembangkan dan memberikan fasilitas terkait bisnis. Karena keterkenalan Fortune di dunia menjadikannya dijadikan sebagai media bisnis dan ekonomi terpercaya. Anggapan itu karena Fortune selalu mengutamakan kualitas dari informasi yang disampaikannya kepada pengguna. Apa Itu Fortune? Sebelum mengenal kolaborasinya dengan IDN Media, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu Fortune. Fortune merupakan media global yang fokus dengan dunia bisnis dan ekonomi, berdirinya di New York, Amerika Serikat. Keberadaan Fortune menjadi media terkemuka di dunia karena perannya dalam menyakinkan pebisnis cukup besar. Dulunya terdapat sejarah kelam yang membuat bisnis kocar kacir, hingga pada akhirnya Fortune berdiri dan mengajak semuanya untuk bangkit dari keterpurukan itu. Peran Fortune Dalam Kolaborasinya dengan IDN Media IDN Media seb

Pengertian, Dalil dan Hadist Tentang Sedekah Menurut Islam

Sedekah dalam agama Islam berarti menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk digunakan di jalan Allah SWT. Kegiatan bersedekah bisa diartikan sebagai kegiatan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu.  Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ketika bersedekah. Hadist tentang sedekah juga sudah banyak diriwayatkan.  Kegiatan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu atau fakir miskin dalam Islam bisa berupa zakat dan sedekah. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan sebagian harta kepada orang yang berhak atau orang yang tidak mampu.  Namun, keduanya memiliki hakikat yang berbeda. Berikut ini adalah pengertian sedekah yang membedakan dengan zakat dan keutamaannya. Pengertian Sedekah Sedekah dan zakat merupakan kegiatan berbagi dengan sesama. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif dan dapat dilakukan oleh siapa saja.  Namun, hukum sedekah dalam Islam berbeda dengan hukum zakat. Sedekah memiliki sifat sunnah yakni jika dilakukan mendapat p