Resep Membuat Sapo Tahu Sederhana Kaya Isian


Resep Membuat Sapo Tahu Sederhana Kaya Isian


Pernahkah Anda mendengar tentang nama sapo tahu? Sapo tahu adalah sebuah makanan yang berasal dari negeri China. Makanan ini sangat terkenal di Indonesia sejak jaman dahulu. Pada awalnya, sapo ini merupakan makanan yang dibuat khusus untuk vegetarian. Mengapa demikian? Dulu sapo tidak tercampur oleh bahan-bahan seperti ikan atau daging, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh vegetarian. 

Sapo tahu lebih banyak menggunakan bumbu berupa rempah dan sayur-sayuran. Tetapi kini, ada banyak sekali tambahan daging atau ikan yang bisa menyatu bersama di dalam mangkuk sapo tahu. Nama sapo tahu berasal dari alat yang digunakan untuk menghidangkannya, yakni panci sapo. Panci sapo atau claypot ini memang menjadi ciri khas masakan ini. Selama ini, banyak restoran menjualnya. Tetapi tahukah Anda bahwa Anda bisa memasaknya sendiri? Berikut ini adalah resep sapo tahu sederhana. 

Baca Juga : CARA MUDAH DAN SEDERHANA MEMBUAT SOTO AYAM KUNING BOGOR ENAK

RESEP SAPO TAHU

BAHAN-BAHAN

  • 4 potong tahu Jepang atau tahu sutra. 

  • 300 gram daging ayam tanpa tulang 

  • 3 batang wortel, lebih baik bila ukuran sedang

  • 8 siung bawang putih 

  • 8 buah jamur shitake 

  • 300 gram putren atau jagung muda 

  • 1 ruas jahe 

  • 3 buah cabe merah keriting. Boleh ditambah bila ingin rasa lebih pedas 

  • Kecap manis secukupnya 

  • Saus Tomat secukupnya

  • Garam secukupnya

  • Gula pasir secukupnya

  • Lada bubuk secukupnya

  • Tepung maizena secukupnya

  • Saus Tiram secukupnya

CARA MEMBUAT

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memotong semua bahan sayuran. Anda bisa memotongnya sesuai dengan selera. Bila sudah, sisihkan semua sayuran di sebuah wadah. 

  2. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak. Goreng tahu yang sudah disiapkan sampai warnanya menjadi kecoklatan. 

  3. Selanjutnya, siapkan wajan untuk menumis bumbu. Bumbu yang dimasukkan dalam wajan adalah bawang putih, jahe, cabe merah dan margarin. Anda bisa memasukkan margarin terlebih dahulu. Oseng sampai bumbu berbau harum. Jika sudah, masukkan ayam ke dalam wajan. Sebelum memasukkan ayam, Anda harus memotongnya terlebih dahulu menjadi bagian yang lebih kecil. Biasanya, daging ayam akan dipotong-potong berbentuk dadu. 

  4. Aduk tumisan bumbu dan ayam sampai tercampur rata. 

  5. Masukkan kecap manis, garam, gula, saus tiram dan merica ke dalam wajan. Tumis semua bahan tersebut sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan. Pastikan saos tiram dan bumbu lainnya sudah meresap ke dalam daging ayam. 

  6. Langkah berikutnya adalah masukkan wortel dan jagung muda. Setelah itu, tambahkan air. Fungsi air adalah membuat wortel menjadi lebih empuk. 

  7. Lakukan koreksi rasa. Jika menurut Anda kurang pas, tambahkan bumbu-bumbu seperti saus tiram dan garam. 

  8. Masukkan jamur shitake dan daun bawang ke dalam wajan. Aduk sampai merata dengan bahan-bahan lainnya. Selanjutnya, buatlah larutan tepung maizena. Jika sudah, tuangkan larutan tersebut. Aduk perlahan sampai kuah berubah menjadi kental. Fungsi dari tepung maizena adalah untuk mengentalkan kuah sapo tahu. 

  9. Langkah terakhir adalah memasukkan tahu yang tadi sudah digoreng sebelumnya. Aduk sebentar sampai sekiranya tahu sudah memiliki rasa dari semua bumbu sapo. 

  10. Sajikan selagi hangat. Anda bisa meletakkannya di wadah yang cukup cekung. 

Itu dia langkah-langkah untuk membuat olahan sapo tahu. Cukup mudah bukan? Kini Anda menjadi tahu bahwa tidak perlu jauh-jauh pergi ke restoran untuk bisa menikmatinya. Anda bisa mencoba memasaknya sendiri sambil belajar bagaimana cara membuatnya sampai rasa dari masakan tersebut tidak kalah dengan milik restoran. Tertarik untuk melakukannya?

Baca Juga : Resep Olahan Tahu Sederhana dan Enak, Wajib Coba !

0 comments:

Post a Comment