3 Berita Bali Terkait Penanganan Covid-19 Pada Masa Nyepi, Yuk simak !

berita-bali


Timesindonesia.net -
Sudah setahun lebih sejak wabah Covid -19 masuk dan menyerang wilayah Indonesia sehingga mempengaruhi
berita Bali hari ini. Berbagai kegiatan di semua wilayah termasuk Bali dibatasi tak sebebas dulu lagi. Rangkaian kegiatan dan pertemuan fisik dikurangi, selain itu proses ibadah yang menyangkut umat juga disesuaikan. Pada perayaan Nyepi kali ini kebijakan terkait protokol penanganan Covid -19 terus dilakukan. Berikut 3 berita Bali hari ini terkait dengan kebijakan pada saat Nyepi:

1. Jelang Nyepi, Tambahan Kasus Sembuh Lampaui Kasus Baru

Menjelang perayaan Nyepi di Bali, jumlah kasus tambahan Covid -19 mengalami penurunan. Jumlahnya ada di bawah 6.000 orang.

Jumlah pasien sembuh melebihi dari pasien baru yang positif. Bahkan selisihnya sangat signifikan dibandingkan dengan adanya kasus baru, yaitu sebanyak 3.026 orang. Sementara untuk korban jiwa bertambah dibawah 200 orang.

Data dari Satgas Penanganan Covid -19 Nasional pada hari Kamis, terjadi penambahan 5.144 orang. Kumulatif jumlah data keseluruhan menjadi 1.403.722 orang. 

Jumlah pasien sembuh sebanyak 8.170 orang, jadi jumlah total pasien yang sembuh secara keseluruhan sebanyak 1.224.603 orang (8,72%). Sementara itu untuk pasien positif yang meninggal jumlahnya mencapai 117 orang dengan jumlah seluruhnya menjadi 38.049 orang (2,7%).

Hingga saat ini semua provinsi Indonesia termasuk 510 kabupaten dan kota terjangkit pandemi ini. Diharapkan penurunan jumlah akan terus bertambah hingga semua keadaan kembali seperti sedia kala.

2. Vaksinasi Covid -19 Bagi Para Sulinggih dan Tokoh Agama

Pemerintah Badung Bali mulai melakukan vaksinasi bagi para Sulinggih dan tokoh agama yang berada di wilayah tersebut beberapa hari menjelang Nyepi. Vaksinasi ini juga dipantau oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa yang juga bertugas sebagai Ketua Satgas Covid -19 kabupaten Badung. 

Kegiatan vaksinasi ini dilakukan di Balai Budaya Giri Nata Mandala. Selain dipantau oleh Wakil Bupati, kegiatan ini juga didampingi oleh A A Ngr Bayu Kumara Putra yang menjabat sebagai Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, serta dr. I Nyoman Gunarta. Sebagai Kepala Dinas Kesehatan.

Kegiatan vaksinasi sekarang memang telah memasuki pada komponen pelayanan publik, khususnya vaksin juga disediakan bagi mereka para tokoh-tokoh agama termasuk di kawasan Badung. 

Wakil Bupati Badung menjelaskan bahwa pihaknya memberikan kuota vaksin sebanyak 300 orang dan akan terus dilakukan bergilir secara bertahap khususnya terhadap tokoh-tokoh pemuka agama. Hal ini dilakukan karena para tokoh agama adalah mereka yang selalu berhadapan langsung dengan umat dan masyarakat. Sehingga agar mereka selalu aman dalam melaksanakan tugas umat, dilakukanlah vaksinasi ini agar mereka aman.

Melalui program vaksinasi terhadap para pemuka tokoh agama di Badung diharapkan nantinya kegiatan keagamaan dapat berjalan lagi seperti biasanya. Dengan begini kualitas spiritual masyarakat dalam keadaan pandemi akan terus meningkat dan bisa dilakukan sebagaimana mestinya.

Selain dilakukan kepada para Sulinggih dan tokoh agama, pemkab Bandung juga melakukan vaksinasi ke berbagai sektor yang bergerak pada pelayanan publik.

Baca Juga : SEDERET ALASAN MENGAPA BANDUNG SELALU JADI DESTINASI FAVORIT!

3. Berstatus Zona Merah, Pemerintah Kabupaten Tabanan Melakukan Evaluasi

Menyandang status zona merah terlalu lama, Pemerintah Kabupaten Tabanan melakukan upaya pencegahan penyebaran virus dengan melakukan ngantor di wilayah zona merah.

Mereka lebih banyak memberikan perhatian dan berfokus di kantor desa setempat guna menampung permasalahan dan mencari solusi penyelesaian dari hal yang masih menyebabkan adanya klaster di wilayah desa tersebut.

Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya menjelaskan, semuanya pihaknya akan bertugas melakukan pengawasan di desa yang terpantau zona merah sampai PPKM berakhir. Beliau juga menjelaskan bahwa desa yang berstatus zona merah semua kebutuhan sembako seperti beras akan dibantu oleh pemerintah. 

Itulah beberapa berita Bali hari ini. Semoga bisa memberikan informasi di tengah momen menjelang Nyepi yang sakral bagi umat Hindu.

 


0 comments:

Post a Comment