Agar Tetap Produktif Selama Pandemi, Lakukan Tips WFH Berikut

tips-wfh-selama-pandemi
Ilustrasi Work from Home


timesindonesia.net - Tips WFH sangat diperlukan untuk meminimalisir ide yang macet atau produktivitas menurun. Bahkan, karena terus-terusan di rumah bisa jadi ada masalah keluarga yang mempengaruhi pekerjaan. Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa tetap produktif selama pandemi.

  • Jangan Lupa Beristirahat

Di kantor, Anda biasanya istirahat tanpa menyadarinya. Obrolan cepat dengan teman mungkin akan sangat menyenangkan. Atau dalam perjalanan kembali dari coffee break, momen berbincang dengan teman bisa jadi cukup seru. Namun saat bekerja dari rumah, Anda tidak memiliki peluang seperti itu. Rapat Anda berlangsung di meja Anda, rehat kopi terjadi di meja Anda, bahkan terkadang makan siang di meja Anda.

Duduk di meja sepanjang hari, menatap layar terus-menerus bisa jadi membuat Anda bosan. Jadi, Anda perlu istirahat. Hal-hal kecil yang dapat dilakukan namun berdampak besar terhadap momen sendiri di rumah saat kerja adalah menyimpan segelas kecil air dekat meja kerja. Ini akan memaksa Anda bangun untuk mengisi gelas saat kosong. Kemudian, simpan camilan di dapur sehingga ini akan memberi Anda alasan lain untuk bangun dari meja kerja.

Selingi pekerjaan dengan istirahat singkat untuk melakukan peregangan, merilekskan mata, dan mengistirahatkan pikiran. Beristirahat tidak hanya baik untuk tubuh Anda tetapi juga membantu Anda kembali bekerja dengan segar dan dapat memicu ide-ide baru.

  • Selalu Positif Bahwa Teman Kerja Anda Ikut Bekerja dalam Tim

Tips WFH yang kedua adalah berpikir positif. Pekerjaan jarak jauh bisa jadi sulit karena Anda tidak memiliki banyak peluang untuk interaksi interpersonal dengan tim Anda. Jika terus-menerus terjadi bisa jadi muncul masalah yang sangat nyata dan dapat menimbulkan perasaan terasing. Ini tidak hanya akan berdampak buruk bagi produktivitas Anda tetapi juga dapat berdampak parah pada kesehatan mental Anda.

Jadi, sangat penting untuk menghubungi teman kerja jika Anda merasa kesepian atau terisolasi. Ada baiknya juga sesekali menjadwalkan obrolan untuk sekadar bersosialisasi dan mengobrol dengan tim. Selalu pikirkan bahwa tim Anda juga memiliki niatan baik dalam berkontribusi, sehingga tidak menciptakan perasaan benci. 

Baca Juga: INI DIA BEBERAPA JENIS PEKERJAAN TERPOPULER DI TAHUN 2020

  • Dengarkan Musik

Tips WFH berikutnya yaitu mendengarkan musik. Tidak semua orang suka mendengarkan musik sambil bekerja. Ada banyak orang yang mengklaim keampuhan musik klasik dalam hal konsentrasi. Tetapi, bisa saja Anda mendengarkan musik lain sesuai dengan selera dan jenis pekerjaan. 

Jangan mendengarkan musik ketika pekerjaan membutuhkan pemikiran yang disengaja seperti analisis atau perhitungan. Tetapi untuk tugas-tugas rutin seperti entri data, update laporan, dan penulisan blog, musik akan sangat berguna. Sebagian musik dengan tempo up beat bisa membantu untuk berkonsentrasi dan menjadi produktif. Jika Anda berada di rumah yang memiliki keluarga besar, gunakan headphone untuk kepada keluarga bahwa Anda bekerja keras dan mereka akan cenderung tidak mengganggu.

  • Membuat Daftar Hal-hal yang Harus Dilakukan

Banyak orang merasa lingkungan rumah tidak terlalu kondusif untuk bekerja karena banyak gangguan. Selain itu, sebagai pekerja jarak jauh, Anda akan bergantung pada pesan dan email untuk kolaborasi. Hal ini dapat menyebabkan notifikasi berlebih dan Anda dapat dengan mudah dibanjiri tugas, permintaan, dan brief. 

Sebuah rencana akan membantu Anda tetap fokus pada apa yang perlu dilakukan. Akan ada gangguan dan gangguan sesekali bisa dihadapi jika Anda selalu merujuk ke daftar dan kembali ke apa yang membutuhkan perhatian Anda. Selain itu, mencoret bagian terdaftar di to do list akan memberi Anda rasa pencapaian dan memotivasi untuk terus maju. 

Dengan beberapa tips WFH selama pandemi, tentunya ada yang sudah Anda lakukan dan belum. Jadi, positifkan pemikiran dan lakukan yang bisa dilakukan, terutama membuat daftar.

0 comments:

Post a Comment