Skip to main content

Mengetahui Manfaat Sedekah Subuh Beserta Cara Melakukannya

Seperti yang kita tahu, sedekah subuh memiliki banyak keutamaan. Salah satu manfaat sedekah subuh yang perlu kita pahami ialah didekatkan pada pintu surga serta dijauhkan dari api neraka bagi yang mengamalkannya. Hal ini sebagaimana yang sudah tertera pada hadis berikut ini:

“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (HR Bukhari dan Muslim).

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah.” (HR Bukhari dan Muslim)

manfaat sedekah subuh dan cara melakukannya

Sementara itu, bagaimana cara melakukan sedekah subuh secara tepat? Ulasan berikut ini akan memberikan penjelasan pada kita semua. Pada dasarnya, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk bersedekah subuh seperti melalui beberapa hal berikut ini.

1. Mengisi kotak amal di masjid usai kita menjalankan sholat subuh berjamaah. Kaum pria dapat langsung memasukkan sendiri sedekah subuh ke kotak amal. Sementara itu, kaum wanita dapat menitipkan pada suami atau anak yang pergi ke masjid.

2. Mentransfer uang melalui rekening pas setelah subuh kepada orang tua, sahabat yang membutuhkan, lembaga sosial, dan lain sebagainya.

3. Memberikan makanan dengan cara mengantarkannya ke rumah tetangga, ke pondok pesantren, ke panti asuhan, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan setelah sholat subuh serta sebelum matahari tampak.

4. Mengantarkan sumbangan atau bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan pas selesai sholat subuh.

Sedekah subuh memiliki keutamaan dibandingkan waktu lainnya. Ketika sebagian orang masih terlelap, kita sudah sibuk meraih ridha Allah SWT melalui bersedekah subuh. Perlu diingat bahwa sedekah tidak harus berupa uang karena sedekah subuh juga bisa bisa dilakukan dengan berzikir, mengajarkan ngaji, membagi makanan, serta melakukan kebaikan lainnya yang bersifat sosial. Sedekah subuh sendiri bisa kita mulai sejak azan subuh sampai terbit fajar. Sedekah subuh bisa kita lakukan sedikit demi sedikit hingga kita bisa konsisten setiap harinya. Melalui sedekah subuh ini, kita bisa mendapatkan keutamaan dari sedekah subuh seperti yang telah dijanjikan oleh Allah SWT.

Sedekah sendririu merupakan salah satu cara yang dapat umat muslim lakukan untuk mengetuk pintu langit agar doa terkabul. Dan sedekah subuh menjadi salah satu yang dipercaya mujarab untuk melakukannya. Sedekah subuh sendiri sempat viral menjadi perbincangan setelah Syekh Ali Jaber menjabarkan mengenai dahsyatnya sedekah subuh pada suatu pengajian.

Video viral ini telah dibagikan di berbagai media sosial. Salah satunya ialah yang diposting oleh Daarut Tauhiid Jakarta, dimana Syekh Ali Jaber memaparkan pada sebuah pengajian mengenai waktu sedekah yang baik:

“Semua waktu sebenarnya baik, tapi saya menemukan sedekah subuh itu yang paling baik, paling dahsyat, yang paling cepat terkabul hajat kita. Kenapa sedekah subuh dahsyat? Karena setiap waktu subuh Allah turunkan malaikat tugasnya cuma satu, mendoakan orang yang berinfak di subuh hari.”

Baca : 5 Manfaat Sedekah Subuh Yang Mudah Dilakukan

Terdapat keutamaan dan manfaat sedekah subuh menurut Syekh Ali Jaber. Salah satunya ialah setelah sholat subuh memasukkan sedekah ke dalam kota amal. Jadi, tidak perlu mencari anak yatim atau orang miskin. Selain itu, umat muslim juga perlu satu kali sedekah fokus satu hajat. Syekh Ali Jaber mengungkapkan banyak jemaah yang sudah mengikuti dan alhamdullilah terbukti. Sedekah bisa kita lakukan untuk orang tua, dibukakan pintu rejeki, dan lain sebagainya.


Comments

Popular posts from this blog

Seperti Inilah Keunggulan Aplikasi IDN Times yang Tidak Dimiliki Oleh Aplikasi Berita Lainnya

  Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar masyarakat kita telah beralih dari media konvensional ke situs-situs berita. Seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin pesat, kini mulai bergeser ke penggunaan aplikasi-aplikasi berita.  Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat aplikasi-aplikasi berita ini memiliki banyak keunggulan dibanding media konvensional maupun situs berita. Ya, salah satunya adalah situs IDN Times yang sekarang telah menghadirkan aplikasi berita bernama IDN App.  Lantas, keunggulan seperti apa sajakah yang dimilikinya? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai keunggulan dari IDN App, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Mengusung Tampilan Newsfees yang Simple dan Jelas Keunggulan pertama dari IDN App yang tidak dimiliki oleh aplikasi berita lainnya, yakni memiliki tampilan newsfeed yang simple dan jelas. Itu artinya, kamu sebagai pengunjung tidak perlu lagi repot-repot untuk meng-klik dalam memproses deret

Fortune Indonesia Sebagai Media Bisnis untuk Millennial dan Generasi Z

  Perilisan Fortune Indonesia akhirnya secara resmi mengeluarkan edisi perdananya dengan kolaborasi IDN Media. Fortune sebagai media yang mempunyai pengaruh besar untuk mengembangkan dan memberikan fasilitas terkait bisnis. Karena keterkenalan Fortune di dunia menjadikannya dijadikan sebagai media bisnis dan ekonomi terpercaya. Anggapan itu karena Fortune selalu mengutamakan kualitas dari informasi yang disampaikannya kepada pengguna. Apa Itu Fortune? Sebelum mengenal kolaborasinya dengan IDN Media, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu Fortune. Fortune merupakan media global yang fokus dengan dunia bisnis dan ekonomi, berdirinya di New York, Amerika Serikat. Keberadaan Fortune menjadi media terkemuka di dunia karena perannya dalam menyakinkan pebisnis cukup besar. Dulunya terdapat sejarah kelam yang membuat bisnis kocar kacir, hingga pada akhirnya Fortune berdiri dan mengajak semuanya untuk bangkit dari keterpurukan itu. Peran Fortune Dalam Kolaborasinya dengan IDN Media IDN Media seb

Pengertian, Dalil dan Hadist Tentang Sedekah Menurut Islam

Sedekah dalam agama Islam berarti menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk digunakan di jalan Allah SWT. Kegiatan bersedekah bisa diartikan sebagai kegiatan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu.  Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ketika bersedekah. Hadist tentang sedekah juga sudah banyak diriwayatkan.  Kegiatan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu atau fakir miskin dalam Islam bisa berupa zakat dan sedekah. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan sebagian harta kepada orang yang berhak atau orang yang tidak mampu.  Namun, keduanya memiliki hakikat yang berbeda. Berikut ini adalah pengertian sedekah yang membedakan dengan zakat dan keutamaannya. Pengertian Sedekah Sedekah dan zakat merupakan kegiatan berbagi dengan sesama. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif dan dapat dilakukan oleh siapa saja.  Namun, hukum sedekah dalam Islam berbeda dengan hukum zakat. Sedekah memiliki sifat sunnah yakni jika dilakukan mendapat p