Mengetahui Manfaat Sedekah Subuh Beserta Cara Melakukannya

Seperti yang kita tahu, sedekah subuh memiliki banyak keutamaan. Salah satu manfaat sedekah subuh yang perlu kita pahami ialah didekatkan pada pintu surga serta dijauhkan dari api neraka bagi yang mengamalkannya. Hal ini sebagaimana yang sudah tertera pada hadis berikut ini:

“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (HR Bukhari dan Muslim).

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah.” (HR Bukhari dan Muslim)


Sementara itu, bagaimana cara melakukan sedekah subuh secara tepat? Ulasan berikut ini akan memberikan penjelasan pada kita semua. Pada dasarnya, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk bersedekah subuh seperti melalui beberapa hal berikut ini.

1. Mengisi kotak amal di masjid usai kita menjalankan sholat subuh berjamaah. Kaum pria dapat langsung memasukkan sendiri sedekah subuh ke kotak amal. Sementara itu, kaum wanita dapat menitipkan pada suami atau anak yang pergi ke masjid.

2. Mentransfer uang melalui rekening pas setelah subuh kepada orang tua, sahabat yang membutuhkan, lembaga sosial, dan lain sebagainya.

3. Memberikan makanan dengan cara mengantarkannya ke rumah tetangga, ke pondok pesantren, ke panti asuhan, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan setelah sholat subuh serta sebelum matahari tampak.

4. Mengantarkan sumbangan atau bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan pas selesai sholat subuh.

Sedekah subuh memiliki keutamaan dibandingkan waktu lainnya. Ketika sebagian orang masih terlelap, kita sudah sibuk meraih ridha Allah SWT melalui bersedekah subuh. Perlu diingat bahwa sedekah tidak harus berupa uang karena sedekah subuh juga bisa bisa dilakukan dengan berzikir, mengajarkan ngaji, membagi makanan, serta melakukan kebaikan lainnya yang bersifat sosial. Sedekah subuh sendiri bisa kita mulai sejak azan subuh sampai terbit fajar. Sedekah subuh bisa kita lakukan sedikit demi sedikit hingga kita bisa konsisten setiap harinya. Melalui sedekah subuh ini, kita bisa mendapatkan keutamaan dari sedekah subuh seperti yang telah dijanjikan oleh Allah SWT.

Sedekah sendririu merupakan salah satu cara yang dapat umat muslim lakukan untuk mengetuk pintu langit agar doa terkabul. Dan sedekah subuh menjadi salah satu yang dipercaya mujarab untuk melakukannya. Sedekah subuh sendiri sempat viral menjadi perbincangan setelah Syekh Ali Jaber menjabarkan mengenai dahsyatnya sedekah subuh pada suatu pengajian.

Video viral ini telah dibagikan di berbagai media sosial. Salah satunya ialah yang diposting oleh Daarut Tauhiid Jakarta, dimana Syekh Ali Jaber memaparkan pada sebuah pengajian mengenai waktu sedekah yang baik:

“Semua waktu sebenarnya baik, tapi saya menemukan sedekah subuh itu yang paling baik, paling dahsyat, yang paling cepat terkabul hajat kita. Kenapa sedekah subuh dahsyat? Karena setiap waktu subuh Allah turunkan malaikat tugasnya cuma satu, mendoakan orang yang berinfak di subuh hari.”

Terdapat keutamaan dan manfaat sedekah subuh menurut Syekh Ali Jaber. Salah satunya ialah setelah sholat subuh memasukkan sedekah ke dalam kota amal. Jadi, tidak perlu mencari anak yatim atau orang miskin. Selain itu, umat muslim juga perlu satu kali sedekah fokus satu hajat. Syekh Ali Jaber mengungkapkan banyak jemaah yang sudah mengikuti dan alhamdullilah terbukti. Sedekah bisa kita lakukan untuk orang tua, dibukakan pintu rejeki, dan lain sebagainya.


0 comments:

Post a Comment