Jenis Bonsai Dari Tanaman Liar Yang Bisa Anda Miliki Di Rumah

bonsai-liar-yang-bisa-anda-rawat


timesindonesia.net - Pohon liar yang biasa tumbuh di di berbagai wilayah di Indonesia ternyata bisa dirubah untuk menjadi bonsai dengan tampilan yang menarik.

Perlu diketahui bahwa pohon yang dapat diubah menjadi bonsai adalah pohon dengan usia lama serta bisa tahan dari berbagai gangguan yang berlebihan. Adapun maksud gangguan berlebihan itu seperti pemotongan yang berlebih, tekukan, dan toleran pada macam-macam tanah.

Nah, tanaman atau pohon-pohon dengan karakteristik seperti itu banyak ditemukan di pohon liar di Indonesia. Lalu apa saja pohon tersebut? Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama ulasan berikut ini!

1. Hokiantea


Tanaman liar pertama yang bisa diubah menjadi bonsai adalah Hokianti. Di masyarakat Indonesia sendiri pohon hokiantea ini sering disebut sebagai gulma karena tumbuhnya di tepi pagar atau halaman rumah.

Setelah dirawat dan dirawat dengan baik, pohon hokiantea ini bisa menjadi bonsai yang sangat cantik menawan.

2. Waru


Pohon liar selanjutnya yang bisa dirubah jadi bonsai adalah pohon waru. Seperti yang kita ketahui bahwa pohon yang satu ini seringkali tumbuh di tepi-tepi sungai, pantai, dan rawa-rawa yang ternyata dapat diubah menjadi bonsai.

Waru ini adalah salah satu jenis tanaman liar yang dapat menjadi bonsai dengan tampilan yang cantik dan mempesona. Bahkan, berkat kecantikannya pohon waru yang dimiliki oleh Su Wen-hong telah berhasil menjuarai pameran bonsai Hwa Fong Show 2009 yang lalu.

Dengan keahliannya yang tinggi, Su Wen-Hong berhasil menyulap pohon waru ini menjadi pohon yang sangat indah menawan dengan mengamati pohon ini yang dikenal dengan rantingnya yang sangat padat dan sulit untuk dibentuk.

3. Jambu Biji


Jambu biji merupakan salah satu pohon yang bisa diubah menjadi bonsai yang cantik. Kenapa disebut jambu biji? Karena bijinya suka dibuang oleh manusia atau hewan pemakan buah sehingga pohon ini tumbuh liar di berbagai daerah di Indonesia.

Biasanya pohon jambu biji bisa ditemukan di area persawahan dan kebun-kebun. Selain dapat dimanfaatkan buahnya, pohon jambu biji juga bisa disulap menjadi bonsai siluet atau bonsai tanpa daun yang elegan. Dengan rantingnya yang rimbun membentuk siluet membuat pohon ini terlihat sangat unik dan berbeda dari pohon lainnya.

4. Kacapiring


Pohon liar lainnya yang bisa dijadikan bonsai adalah Kacapiring. Pohon Kacapiring atau yang disebut juga Cape Jasmine ini biasanya tumbuh di beberapa wilayah di Indonesia. Bonsai taman liar yang satu ini terlihat sangat menarik dengan bentuk batangnya yang anggun serta daunnya yang tebal dan rapat.

5. Kemuning


Pohon liar selanjutnya yang bisa dijadikan bonsai adalah Kemuning. Pohon yang memiliki aroma harum ini dapat diubah menjadi bonsai yang elegan di dalam pot yang dangkal. Pohon liar ini banyak tumbuh di berbagai daerah di Indonesia.

Bonsai kemuning yang usianya sudah tua mempunyai batang utama yang besar dan mengeras di berbagai sisi. Ketika berbunga dan berbuah. pohon liar yang satu ini akan tampak lebih cantik dan menarik.

6. Delima


Pohon liar terakhir yang bisa diubah menjadi bonsai yang cantik adalah pohon delima. Selain bisa dimanfaatkan buahnya, pohon delima juga bisa disulap menjadi bonsai yang terlihat mempesona.

Apabila anda menginginkan bonsai delima, anda bisa membelinya di berbagai toko tanaman hias terdekat.

Bagaimana sahabat tertarik untuk membuat bonsai yang cantik dari tanaman liar? Kalau tertarik anda bisa langsung mencobanya di rumah. Selamat mencoba ya!

0 comments:

Post a Comment