Ini Dia Niat, Tata Cara, Dan Surah Yang Dianjurkan Dalam Sholat Sunnah Sebelum Subuh

Keutamaan sholat sunnah sebelum subuh atau qobliyah diriwayatkan oleh Imam Muslim, Aisyah RA, ia berkata bahwa, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Dua rakaat sebelum Subuh lebih baik dari Dunia dan seisinya.”


Selain itu, keutamaan lain dari sholat qobliyah subuh adalah tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad SAW sekalipun. Beliau mengerjakannya secara terus menerus. Hal tersebut diriwayatkan dari hadits Al Bukhari dari Aisyah RA, dia berkata :

“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidak melakukan satu pun sholat sunnah yang dilakukan secara terus menerus melebihi dua rakaat (sholat fajar) Subuh.”

Sholat Qobliyah Subuh dikerjakan sesudah Adzan. Hal tersebut sesuai dengan yang telah difatwakan oleh Syaikh Nawaai Al-Batani Rahimahullah dalam kitabnya Nihayatuz Zain. 

“Disunnahkan melaksanakan sholat rawatib qobliyah setelah selesai dari menjawab adzannya muadzin.”

Berikut akan diterangkan niat, tata cara, dan surah yang dianjurkan dibaca dalam shalat sunnah sebelum Subuh :

Niat Sholat Sunnah Sebelum Subuh

Seperti yang dikutip dari buku “Rahasia Kedahsyatan Shalat Sunah Setahun Penuh” karya Ustadz M Kamaluddin S.Pd.I MM disebutkan bahwa niat 2 rakaat sebelum Subuh lebih baik dari dunia dan isinya. 

Adapun bacaan niat sholat sunnah sebelum Subuh adalah :

“Ushalli sunnata subhi rak’tahini qiblatan lillaahi Ta’aalaa, Allahu Akbar.”

Artinya, “Saya berniat sholat sunnah sebelum Subuh dua rakaat karena Allah ta’aalaa, Allah Maha Besar.”

Tata Cara Sholat Sunnah Sebelum Subuh

Membaca niat shalat sunah Qobliyah Subuh. 

Membaca Takbiratul ihram

Membaca surah Al-Fatihah, kemudian lanjutkan baca salah satu surah dalam Al-Quran

Rukuk 

Iktidal

Sujud pertama

Duduk diantara dua sujud

Sujud kedua rakaat pertama

Berdiri lalu mengulang urutan diatas sejak membaca Al-Fatihah hingga sujud kedua

Duduk tasyahud

Mengucapkan salam, menoleh ke kanan dan kiri.

Bacaan Surah Dalam Sholat Sunnah Sebelum Subuh

Terdapat beberapa pilihan surah dalam Al-Quran yang dianjurkan untuk dibaca dalam sholat sunnah sebelum subuh. Berikut pilihan surahnya :

Surah Al-Kafirun Dan Surah Al-Ikhlas

Saat mengerjakan sholat sunnah sebelum subuh, dianjurkan untuk membaca Surah Al-Kafirun pada rakaat pertama, dan membaca Surah Al-Ikhlas pada rakaat kedua. 

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW pada shalat sunah sebelum subuh membaca surah Al-Kafirun dan Surah Al-Ikhlas (HR. Muslim 726). 

Surah Al-Baqarah Ayat 136 Dan Surah Ali Imran Ayat 52

Selain itu, saat mengerjakan sholat sunnah sebelum subuh juga dianjurkan untuk membaca Surah Al-Baqarah ayat 136 pada rakaat pertama dan Surah Ali Imran ayat 52 pada rakaat kedua sesuai riwayat dibawah ini.

Dari Said bin Yasar, Ibnu Abbas mengabarkan bahwa, “Sesungguhnya Rasulullah saat salat sunah sebelum subuh di rakaat pertama membaca Surah Al-Baqarah ayat 136 dan di rakaat kedua membaca Surah Ali Imran ayat 52”. (HR Muslim 727). 

Sholat sunnah sebelum subuh lebih baik daripada dunia beserta seisinya yang dilakukan dengan cara meringankannya atau agak cepat. Contoh yang diajarkan Nabi Muhammad SAW adalah tidak memanjangkan bacaannya dan dengan syarat tidak melanggar hal-hal yang wajib. 

Diriwayatkan dalam hadits Al Bukhari, dari Aisyah RA, ia berkata bahwa, “Dahulu, Nabi SAW sholat dua rakaat yang ringan antara adzan dan iqamat sholat subuh.”

Jangan lupa tunaikan sholat sunnah sebelum subuh yang lebih baik dari dunia dan seisinya ini ya !

Baca Juga : Manfaat Sedekah Subuh Dan Cara Melakukannya




0 comments:

Post a Comment