Mengenal 5 Keutamaan dan Manfaat Sedekah Subuh

Seperti yang kita tahu, Bulan Ramadhan memiliki keistimewaannya sendiri. Pintu maaf serta ladang pahala sedang terbuka lebar sehingga umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan ketika bulan ini tiba. Sementara itu, salah satu amalan yang dapat kita lakukan ialah sedekah subuh. Seperti yang kita ketahui, manfaat sedekah subuh sangatlah banyak. Perlu diingat juga bahwa pada dasarnya sedekah bisa dilakukan kapan saja. Akan tetapi, subuh menjadi waktu terbaik untuk bersedekah dimana matahari belum terbit dan memiliki keutamaanya tersendiri. Berikut ini terdapat keutamaan dan manfaat sedekah subuh yang perlu kita ketahui bersama-sama.


1. Dua Malaikat datang untuk mendoakan kita

Ketika seseorang melakukan sedekah sebelum matahari terbit, maka ia akan mendapatkan keutamaan sedekah subuh dimana pada waktu ini akan datang dua malaikat yang mendoakan amalannya.Keutamaan ini juga sudah tertera sebagaimana yang dijelaskan hadist berikut ini:

“Tidak ada satu Subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’. Sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.”

Berdasarkan hadis tersebut, dapat kita pahami bahwa barangsiapa yang memutuskan untuk memberikan hartanya, maka orang tersebut akan didoakan oleh malaikat agar lancar rejekinya serta berkah. Sebaliknya, bagi orang yang enggan maka akan didoakan agar ditahan juga rejekinya.

2. Permintaannya dikabulkan

Selain didoakan oleh malaikat, manfaat sedekah subuh lainnya ialah dikabulkan permintaannya. Hal ini sebagaimana yang juga sudah pernah disampaikan oleh almarhum Syekh Ali Jaber. Menurutnya, sedekah subuh merupakan waktu yang paling baik karena pada waktu subuh itulah kita bisa bersedekah dan mendapatkan keutamaan permintaan atau hajat kita cepat terkabul.

“Setiap waktu Subuh, Allah turunkan malaikat yang mendoakan orang berinfak di Subuh hari. Bersedekah Subuh yang diiringi doa dapat membantu terkabulnya permintaan, memperlancar rejeki, mengangkat penyakit, hingga dimudahkan segala urusan.”

3. Menghapuskan dosa

Sementara itu, manfaat melakukan sedekah pada saat subuh lainnya yang juga bisa kita dapatkan ialah dihapuskannya dosa serta adanya rasa ketenangan batin bagi kita yang melakukannya. Hal ini juga tertera pada hadis berikut ini:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR Tirmidzi)

4. Harta menjadi berkah

Umat Muslim tidak boleh takut untuk bersedekah karena harta kita tidak berkurang jika kita bersedekah. Soalnya, memberikan sedekah subuh bagi yang membutuhkan merupakan waktu yang terbaik untuk bersedekah. Ini berarti, harta yang kita sedekahkan justru akan diganti berlipat-lipat oleh Allah SWT. Meskipun sedekah subuh memiliki keutamaan harta menjadi berkah, kita perlu memahami bahwa kita tidak boleh melakukannya dengan niat yang tidak baik. Lakukan sedekah subuh dengan tulus dan ikhlas agar amalan yang kita lakukan bisa diterima dengan baik, bukan hanya karena ingin mendapatkan amalan dari-Nya.

5. Didekatkan pada pintu surga, dijauhkan dari api neraka

Seperti halnya keutamaan amalan lain, amalan sedekah subuh juga memiliki manfaat besar berupa dekatkan pada pintu surga dan dijauhkan dari api neraka.

“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (HR Bukhari dan Muslim).

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca : Manfaat Sedekah Subuh Dan Cara Melakukannya


0 comments:

Post a Comment