Keutamaan Bersedekah Menurut Al-Qur’an dan Hadist Tentang Sedekah

Bersedekah atau berbagi kepada yang membutuhkan merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh semua orang. Umat Islam yang memiliki kecukupan rezeki juga dianjurkan untuk melakukan sedekah. 

Sebagaimana menjadi Muslim yang baik dan taat kepada Allah serta senantiasa mengharapkan ridha dari Allah, sedekah menjadi cara yang tepat. Hadist tentang sedekah dan juga dalil mengenai sedekah juga bisa dibuktikan dalam Al-Qur’an.

Keutamaan Bersedekah Menurut Al-Qur’an dan Hadist Tentang Sedekah

Sedekah merupakan kegiatan yang sangat positif dan memberikan banyak manfaat. Tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain. 

Ada banyak sekali keutamaan sedekah yang bisa dirasakan. Berikut ini adalah keutamaan bersedekah berdasarkan hadist.

Keutamaan dalam Bersedekah

Tidak Membuat Miskin

Bersedekah atau menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk diberikan kepada orang lain terutama orang-orang yang membutuhkan memiliki keutamaan yakni tidak akan membuat miskin seseorang. Bersedekah juga bisa dilakuan ketika Anda memiliki rezeki lebih, rezeki yang cukup bahkan ketika Anda sedang mengalami kesempitan rezeki, sedekah sangatlah dianjurkan. 

Hal ini dijelaskan dalam Al-Quran Surah Saba’ ayat 39 yang berarti: “Katakanlah: ‘sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendai-Nya).’ Dan barang apa saja yang bisa kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

Membuka Pintu Rezeki

Ketika Anda bersedekah dan memberikan apa yang Anda miliki kepada orang lain yang membutuhkan, Allah akan membukakan rezeki. Sehingga tak sedikit orang tetap melakukan sedekah meski ketika sempit maupun dikala lapang. 

Ketika sempit, Allah akan membukakan pintu rezeki dari jalan yang lain. Sehingga ketika Anda bersedekah, hal ini tidak akan mengurangi harta bahkan tidak akan memiskinkan Anda. 

Menolong di Hari Akhir

Pada saat terjadinya hari akhir atau hari kiamat, tidak ada seorangpun yang bisa menyelamatkan kita kecuali amal jariyah. Keutamaan bersedekah yang memberikan gambaran bahwa sedekah akan menolong Anda ketika di hari kiamat tiba sudah diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang berarti:

“Setiap orang berada dai bawah naungan sedekahnya (pada hari kiamat) hingga diputuskan diantara manusia atau ia berkata: ‘ditetapkan hukuman diantara manusia.’ Yazid berkata: ‘Abul Khair tidak pernah melewati satu haripun melainkan ia bersedekah padanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” (Hadist Riwayat Al-Baihqi, Al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah)

Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Bersedekah juga memiliki keutamaan yaitu Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda kepada siapa saja yang bersedekah karena Allah SWT. Allah tidak menghitung seberapa banyak jumlah yang disedekahkan karena pada dasarnya, bersedekah merupakan kegiatan yang dilakukan sesuai dengan kemampuan. Hal ini merujuk pada firman Allah SWT pada QS. Al-Baqarah ayat 261.

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap-tiap tangkai: tumbuh seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Selain itu, Allah akan melipat gandakan pahala orang bersedekah juga sudah dijelaskan dalam suatu hadist yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: 

“Barangsiapa yang bersedekah dengan sebutir kurma hasil dari usahanya sendiri yang baik (halal) -dan memang Allah tidak menerima kecuali yang baik saja-, maka sungguh Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya lalu akan memeliharanya untuk pemiliknya -sebagaimana jika seorang dari kalian mengasuh anak kudanya- hingga membesar seperti gunung”.

Baca Juga : Manfaat Sedekah Subuh dan Cara Melakukannya



0 comments:

Post a Comment