Pemberlakuan NIK Sebagi NPWP

Pemberlakuan NIK Sebagi NPWP


Pemerintah merencanakan pemberlakuan Nomor Induk Kependudukan atau NIK sebagai nomor kartu identitas NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak. Hal ini bertujuan untuk mebuat sitem kinerja perpajakan yang lebih efisien. Rencana kebijakan ini akan segera diberlakukan pada tahun 2022 mendatang. Dengan mengubah nomor induk kependudukan sebagai NPWP akan lebih memudahkan kita dalam hal registrasi atau mendaftar layanan NPWP. NPWP sendiri merupakan kartu identitas wajib pajak yang diberikan untuk menjaga ketertiban si wajib pajak dalam membayar pajak. NPWP wajib dimiliki oleh orang yang memiliki pendapatan di atas rata – rata yang di tentukan, dan diharuskan membayar pajak. Berikut ini 7 manfaat yang bisa anda dapatkan dari NPWP

  1. Syarat Kredit Bank

Bagi anda yang ingin mengajukan kredit atau peminjaman uang di bank, maka memiliki kartu identitas NPWP merupakan salah satu syarat yang harus di lengkapi. Salah satu manfaat yang anda dapatkan dari memiliki NPWP, anda bisa melakukan peminjaman uang dengan batas tertentu yang ditentukan. Tidak sesederhana itu, pihak bank juga akan memberikan prosedur sebelum melakukan kredit atau peminjaman uang.


  1. Syarat Membuka RDN

Bagi anda yang mendalami dunia saham, membuka Rekening Dana Nasabah merupakan hal penting yang harus anda lakukan. Rekening Dana Nasabah atau RDN merupakan salah satu jenis bentuk rekening yang digunakan khusus untuk kegiatan jual beli saham atau investasi, dan tidak semua bank menyediakan layanan RDN. Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk membuka RDN yaitu kepemilikan kartu wajib pajak NPWP.


  1. Pembuatan Surat Ijin Usaha Perdagangan

Membuka bisnis atau usaha perdagangan diperlukan surat izin khusus yang harus kita miliki sebelum memulai bisnis. Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP bertujuan untuk bukti sah usaha yang kita dirikan yang langsung dikeluarkan oleh pemerintah daerah. SUIP tidak hanya harus dimiliki pedagang dengan usaha besar, namun juga pedagang kecil, dengan memiliki NPWP anda bisa melengkapi persyaratan untuk mengajukan SUIP.


  1. Pembuatan Paspor

Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh negara yang berisikan identitas dari pemiliknya, guna melakukan perjalanan keluar negri. Bagi anda yang akan bepergian keluar negri dan diharuskan mengurus paspor, maka beruntung jika memiliki NPWP, karena salah satu persyaratan yang harus kalian penuhi adalah kartu identitas Nomor Pokok Wajib pajak.


  1. Pengajuan restitusi pajak

Anda sudah terlanjur membayar pajak, namun angka yang anda bayar kebanyakan. Tentunya akan ada rasa penyesalan tersendiri yang anda rasakan. Salah satu manfaat dari memiliki NPWP, yaitu anda bisa mengajukan Restitusi pajak, bagi anda yang kelebiahan pembayaran. Restitusi pajak merupakan permohonan pengembalian dana yang berlebih saat membayar pajak. Namun ini hanya berlaku untuk mereka yang memiliki NPWP.


BACA JUGA : CARA MEMBUAT SIM ONLINE


  1. Informasi pajak yang harus dibayarkan.

Beberapa orang yang memiliki kewajiban membayar pajak kadang terlupa akan jumlah pajak dan apa saja pajak yang harus di bayar. Dengan memiliki kartu identitas wajib pajak NPWP, anda akan selalu mendapatkan informasi tentang pajak yang sudah anda bayar dan yang akan anda bayarkan saat melakukan pelaporan pajak.


  1. Pajak yang lebih rendah

Manfaat yang paling anda rasakan saat sudah memiliki NPWP, yaitu potongan pajak yang ditujukan kepada anda akan lebih murah. Bagi yang tidak memiliki NPWP maka akan dikenakan tarif pajak yang lebih mahal di banding yang memiliki kartu identitas pajak.


Dan itulah manfaat yang akan kalian dapatkan jika mendaftar NPWP. Membayar pajak dengan taat dan tepat waktu merupakan satu langkah tepat untuk lebih maju.


0 comments:

Post a Comment