8 Usaha Sampingan untuk Karyawan Ini Cocok Dilakukan Walaupun Sibuk

Usaha Sampingan untuk Karyawan

Sumber: Unsplash


Ini Dia Usaha Sampingan untuk Karyawan yang Bisa Anda Coba!

Usaha sampingan untuk karyawan ini bisa Anda lakukan walaupun sibuk dengan pekerjaan full-time. Siapa sih yang tidak mau memiliki pekerjaan sampingan yang bisa memberikan penghasilan tambahan? Semua orang pasti mau jika ada kesempatan, sehingga sudah tidak heran lagi kalau banyak yang melakukan usaha sampingan meskipun sudah memiliki pendapatan tetap dan bekerja full-time.

Tapi banyak orang yang menunda niatnya karena terkendal modal, padahal ada banyak usaha sampingan yang bisa dilakukan bahkan tanpa modal untuk karyawan yang sibuk. Satu dari 10 deretan usaha sampingan berikut pasti akan membuat Anda tertarik, cek apa saja melalui penjelasan di bawah.


  1. Mengajar

Usaha Sampingan untuk Karyawan

Sumber: Unsplash


Jika Anda memiliki keahlian dalam suatu bidang, Anda bisa menawarkan jasa mengajar materi yang Anda kuasi. Ide ini bisa menjadi usaha sampingan untuk menambah penghasilan Anda.

Anda hanya perlu memberikan tarif per jam atas jasa dalam memberikan les privat. 


  1. Fotografer


Usaha Sampingan Menjadi Fotografer

Sumber: Unsplash


Bagi Anda yang menyukai dunia fotografi, hobi Anda ini bisa dimanfaatkan sebagai ide usaha sampingan dengan menawarkan jasa fotografer di pernikahan teman-teman Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menjual hasil jepretan ke situs penjual foto di internet.


  1. Cocok Tanam atau Beternak


Cocok Tanam untuk Karyawan

Sumber: Unsplash


Anda bisa memanfaatkan waktu luang untuk bercocok tanam atau beternak, jika memiliki lahan yang cukup luas di rumah Anda. Hasilnya bisa Anda jual untuk mendapatkan penghasilan tambahan, cara ini bisa Anda lakukan secara rutin sebagai usaha sampingan.

Anda hanya perlu memberi pupuk serta menyiram dua kali sehari sebelum berangkat dan selepas bekerja. Selain itu, Anda juga bisa mencoba beternak untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.


  1. Menjadi Reseller atau Dropshipper


Usaha Sampingan Menjadi Reseller

Sumber: Unsplash

 

Untuk karyawan yang sibuk, Anda bisa mencoba menjadi reseller atau dropshipper sebagai usaha sampingan. Anda bisa menawarkan produk yang dijual melalui sosial media.

Cara ini terbilang mudah dan tidak mengganggu jam kerja Anda, karena tidak perlu dipusingkan dengan pengemasan dan pengirimanan barang yang Anda jual.

 

  1. Menyediakan Jasa Online


Jual Jasa Sampingan untuk Karyawan

Sumber: Unsplash


Jika Anda berniat untuk melakukan usaha sampingan dengan menyediakan jasa online, pekerjaan ini cocok untuk Anda yang bekerja full-time. Karena ide usaha ini tidak perlu memikirkan dan mencari produk yang akan ditawarkan.

Anda hanya perlu memiliki kemampuan untuk bisa menyelesaikan tugas dari klien sesuai dengan kesepatan tenggat waktu. Anda bisa menawarkan jasa yang sesuai dengan bidang yang dikuasi, seperti penerjemah, editing foto, desain grafis dan sebagainya.


  1. Menjadi Blogger


Usaha Sampingan Menjadi Blogger

Sumber: Unsplash


Apabila Anda menyukai dunia menulis, kemampuan ini bisa Anda jadikan peluang usaha sampingan untuk menambah aset kekayaan Anda. Jika tekun dilakukan, menjadi seorang blogger bisa menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit,

Anda bisa menulis tentang apa saja yang disukai dan yang lebih penting adalah Anda bisa mendapatkan uang dari sana.


  1. Menjadi Youtuber


Karyawan Menjadi Youtuber

Sumber: Pexels


Menjadi seorang youtuber saat ini telah banyak diminati dari berbagai kalangan. Hal ini jelas bahwa penghasilan yang didapat dari membuat konten di Youtube terbilang sangat menggiurkan.

Jika Anda adalah orang yang percaya diri di depan kamera, ide pekerjaan sampingan ini bisa Anda coba. Anda bisa membuat konten video sesuai dengan apa yang disenangi, seperti game, kecantikan, kuliner dan olahraga.


  1. Influencer


Usaha Sampingan Menjadi Influencer

Sumber: Pexels


Menghasilkan uang dengan menjadi seorang influencer tentu saja banyak menarik perhatian kalangan muda, karena penghasilannya yang lumayan besar. Seorang influencer mendapatkan uang dari hasil endorsement produk melalui media sosial seperti intagram dan TikTok.


Nah, itulah 8 usaha sampingan untuk karyawan yang bekerja full-time. Dari sekian pekerjaan di atas, mana yang menggoda Anda untuk mencobanya?



0 comments:

Post a Comment