5 Hidup Sehat Ala Rasulullah

5 Hidup Sehat Ala Rasulullah yang Wajib Kamu Tahu

Setiap orang tentunya memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Karena dengan tubuh yang sehat dan bugar kita bisa beraktivitas sehari-hari dengan lancar dan bersemangat. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat anda bisa mencoba hidup sehat ala Rasulullah yang menjadi suri tauladan untuk umat Islam. Berikut hidup sehat ala Nabi yang bisa anda terapkan sehari-hari:

1. Menjaga Kebersihan dengan Mencuci Tangan

Hidup sehat

Perlu diketahui bahwa Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam merupakan seseorang yang selalu menyempurnakan wudhunya. Selain itu, beliau juga selalu mencuci tangannya sampai sela-sela sampai bersih, terutama ketika hendak makan. 

Sehingga tidak heran kali Nabi Shollallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mengalami gangguan pencernaan atau sakit perut meskipun makan menggunakan tangan.

Diriwayatkan dari Laqith bin Shabrah katanya, “Aku berkata: “Wahai Rasulullah, kabarkan kepadaku tentang wudhu?” Nabi berkata: “Sempurnakan wudhu-mu dan sela-sela antara jari-jemarimu, dan bersungguh-sungguhlah dalam memasukkan air ke dalam hidung kecuali jika kamu dalam keadaan berpuasa.” (HR. Tirmidzi). 

2. Berolahraga



Salah satu haya hidup sehat Nabi adalah dengan menerapkan olahraga. Menurut riwayat dalam hadits, beliau mempunyai tubuh yang bugar dan jika berjalan langkhanya juga cepat.

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata:

“Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan dari Rasulullah, roman mukanya secemerlang matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan. Walaupun kami berusaha untuk mengimbangi jalan beliau. Tapi beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.”

3. Tidak Marah


Agar hidup sehat dan awet muda adalah dengan bersabar dan jarang marah. Dalam hal ini, Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam pernah menasihati salah satu sahabatnya sebanyak tiga kali yang berbunyi sama, yakni, “Jangan marah”. Hal ini menunjukkan bahwa hakikat kekuatan manusia buka terletak pada fisiknya, melainkan pada kebersihan jiwanya. Bukan hanya itu, sikap tidak mudah marah juga ternyata bisa menjaga kesehatan tubuh loh. 

4. Menjaga Pola Makan


Menjaga pola makan merupakan hidup sehat ala Rasulullah lainnya. Dimana, di pagi hari Nabi suka mengonsumsi segelas air dingin yang dicampur madu asli. Lalu memasuki waktu dhuha (pagi menjelang siang), beliau mengonsumsi kurma ajwa sebanyak tujuh butir.

Bahkan, dalam dunia kesehatan telah membuktikan bahwa madu dan kurma memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan, termasuk menetralisis racun. 

Selain itu, Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam juga sering mengonsumsi minyak zaitun pada waktu siang menjelang sore. 

5. Berpuasa



Puasa secara bahasa maknanya adalah menahan. Adapun maknanya secara istilah adalah beribadah kepada Allah Ta’ala yang disertai niat, dengan menahan diri dari makan, minum dan seluruh pembatal puasa, sejak terbit fajar kedua sampai terbenam matahari, yang dilakukan oleh orang-orang tertentu dengan syarat-syarat tertentu.

Selain berpahala, ternyata berpuasa juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Hal inillah yang membuat Nabi memiliki tubuh yang sehat. Berikut beberapa manfaat puasa untuk kesehatan tubuh:

  • Detoksifikasi Tubuh

Pada saat anda menjalankan ibadah puasa, sejatinya tubuh anda sedang melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat / racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal. 

  • Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa bisa sangat bermaanfaat untuk kesehatan jantung. Pasalnya, puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dalam hal ini, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa puasa sunnah Senin dan Kamis ini bisa meningkatkan metabolisme dengan menaikkan kadar neurotranslisme atau epinefrin. Sehingga kondisi ini telah terbukti efektif menurunkan berat badan. 

Baca juga: Niat Puasa Senin Kamis, Beserta Manfaat Puasa Tersebut

0 comments:

Post a Comment