Skip to main content

Syarat Rukun Haji Dan Wajib Haji Yang Wajib Dipahami Dengan Baik


Syarat Rukun Haji Dan Wajib Haji Yang Wajib Dipahami Dengan Baik 


Syarat rukun haji merupakan hal yang harus dipahami dengan baik oleh setiap calon jemaah haji, agar proses ibadah haji bisa sah dan berjalan dengan lancar.

    Ibadah haji adalah rukun Islam yang wajib dilakukan oleh semua umat Islam yang memiliki kemampuan untuk menjalankannya. Hal ini dituliskan dengan jelas dalam Al Quran dan hadits Nabi Muhammad SAW. Allah SWT berfirman dalam Al Qur'an Surat Ali 'Imran ayat 97 sebagai berikut: فِيهِ ءَايَٰتٌۢ بَيِّنَٰتٌ مَّقَامُ إِبْرَٰهِيمَ ۖ وَمَن دَخَلَهُۥ كَانَ ءَامِنًا ۗ وَلِلَّهِ عَلَى ٱلنَّاسِ حِجُّ ٱلْبَيْتِ مَنِ ٱسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ عَنِ ٱلْعَٰلَمِينَ     Artinya:"Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam."

    Berikut ini adalah beberapa syarat rukun haji yang wajib dilaksanakan dengan baik oleh setiap jemaah:
1. Ihram (niat)
2. Wukuf di Arafah
3. Thawaf ifadah
4. Sa’i
5. Tahallul
6. Tertib

    Selain rukun haji, calon jamaah haji juga tentu harus memenuhi syarat wajib haji itu sendiri. Hal ini akan ikut menentukan apakah ibadah haji yang dijalankan oleh jamaah tersebut sah atau tidak. Jika semua syarat ini dapat perpenuhi dengan baik, maka calon jamaah layak dan bisa menjalankan ibadah haji sesuai dengan ketentuan.


Berikut ini adalah beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi oleh jamaah haji: 

1. Islam

Orang yang akan menjalankan ibadah haji haruslah seorang muslim atau yang beragama Islam. Hal ini juga mempertagas bahwa hanya umat Islam sajalah yang dapat menjalankan ibadah haji, sedangkan agama lainnya tidak. Pada dasarnya, ibadah haji memang hanya diperuntukkan bagi Islam saja. 

2. Baligh

Jamaah yang akan menjalankan ibadah haji juga haruslah seorang yang sudah berusia baligh atau dewasa. Ini merupakan peryaratan mutlak dan harus dipenuhi dengan baik oleh setiap jamaah haji. 

3. Berakal 

Orang yang akan menjalankan ibadah haji juga haruslah yang sehat akal dan pikirannya. Artinya, orang yang mengalami gangguan pikiran atau kesehatan mental lainnya, tidak diwajibkan untuk melaksanakan ibadah haji. 

4. Merdeka (bukan seorang budak)

Hal ini berkaitan dengan kehidupan di zaman dahulu kala, di mana perbudakan masih menjadi hal yang lumrah terjadi. Seseorang yang menjadi budak tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah haji. Hal ini didasari dengan pertimbangan bahwa yang bersangkutan sedang menjalankan tugasnya untuk melayani tuannya. 

5. Memiliki kemampuan fisik, keuangan dan juga mental

Seorang jamaah haji juga harus memiliki kemampuan keuangan untuk melaksanakan ibadah tersebut. Selain itu, yang bersangkutan juga harus memiliki kemampuan fisik dan mental untuk menjalankan semua ritual haji dengan baik. 

6. Memiliki mahram 

Persyaratan yang satu ini khusus untuk jamaah wanita, di mana yang bersangkutan harus ditemani oleh mahramnya ketika menjalankan ibadah haji. Namun di dalam perkembangannya, pemerintah telah mengupayakan agar persyaratan mahram ini bisa ditiadakan. Sejak tahun 2014 lalu, para jamaah haji perempuan dari Indonesia tidak lagi harus ditemani oleh mahramnya. 

    Itulah syarat rukun haji dan juga wajib haji yang perlu dipahami dengan baik oleh setiap jamaah, semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Baca juga: Pengertian, Dalil dan Hadist Tentang Sedekah Menurut Islam 

Comments

Popular posts from this blog

Seperti Inilah Keunggulan Aplikasi IDN Times yang Tidak Dimiliki Oleh Aplikasi Berita Lainnya

  Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar masyarakat kita telah beralih dari media konvensional ke situs-situs berita. Seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin pesat, kini mulai bergeser ke penggunaan aplikasi-aplikasi berita.  Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat aplikasi-aplikasi berita ini memiliki banyak keunggulan dibanding media konvensional maupun situs berita. Ya, salah satunya adalah situs IDN Times yang sekarang telah menghadirkan aplikasi berita bernama IDN App.  Lantas, keunggulan seperti apa sajakah yang dimilikinya? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai keunggulan dari IDN App, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Mengusung Tampilan Newsfees yang Simple dan Jelas Keunggulan pertama dari IDN App yang tidak dimiliki oleh aplikasi berita lainnya, yakni memiliki tampilan newsfeed yang simple dan jelas. Itu artinya, kamu sebagai pengunjung tidak perlu lagi repot-repot untuk meng-klik dalam memproses deret

Fortune Indonesia Sebagai Media Bisnis untuk Millennial dan Generasi Z

  Perilisan Fortune Indonesia akhirnya secara resmi mengeluarkan edisi perdananya dengan kolaborasi IDN Media. Fortune sebagai media yang mempunyai pengaruh besar untuk mengembangkan dan memberikan fasilitas terkait bisnis. Karena keterkenalan Fortune di dunia menjadikannya dijadikan sebagai media bisnis dan ekonomi terpercaya. Anggapan itu karena Fortune selalu mengutamakan kualitas dari informasi yang disampaikannya kepada pengguna. Apa Itu Fortune? Sebelum mengenal kolaborasinya dengan IDN Media, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu Fortune. Fortune merupakan media global yang fokus dengan dunia bisnis dan ekonomi, berdirinya di New York, Amerika Serikat. Keberadaan Fortune menjadi media terkemuka di dunia karena perannya dalam menyakinkan pebisnis cukup besar. Dulunya terdapat sejarah kelam yang membuat bisnis kocar kacir, hingga pada akhirnya Fortune berdiri dan mengajak semuanya untuk bangkit dari keterpurukan itu. Peran Fortune Dalam Kolaborasinya dengan IDN Media IDN Media seb

Demokrat : Pemerintah Harus Membuat Regulasi Tegas Dan Jelas Soal Larangan Mudik Lebaran 2021

  Irwan selaku anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat meminta Pemerintah segera membuat regulasi yang tegas dan jelas soal larangan mudik lebaran 2021 mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021. Menurutnya regulasi tersebut penting supaya larangan mudik ditahun 2021 ini tidak seperti yang terjadi ditahun 2020, dimana pemerintah melarang mudik namun mengizinkan masyarakat untuk pulang kampung.  Berikut dibawah ini fakta fakta menarik mengenai kebijakan Pemerintah yang melarang mudik lebaran tahun 2021 : Dibutuhkan Regulasi Karena Pernyataan Yang Disampaikan Muhadjir Effendy Dan Budi Karya Sumadi Berbeda Regulasi larangan mudik lebaran tahun 2021 dibutuhkan karena pernyataan yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy berbeda dengan yang pernah disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam Rapat Kerja dengan komisi V DPR beberapa waktu lalu.  Menurut Irawan, Budi menyampaikan bahwa pemerintah akan mengizink