Skip to main content

Cara Membuat Kulit Pastry Beserta Teknik dan Metode Melipatnya



Untuk membuat kulit Pastry homemade pada tulisan kali ini hanya membutuhkan 6 bahan saja. Berikut bahan-bahan perlu Anda persiapkan: 


Bahan

  • Siapkan 250 gr tepung 

  • Siapkan 125 gr ketumbar 

  • Siapkan 25 gr mentega

  • Siapkan 125 gr air dingin 

  • Siapkan 1/2 sdt garam 

  • Siapkan 1 sdm gula pasir 


Cara Membuat Kulit Pastry Homemade

  • Setelah 6 bahan sebelumnya sudah disiapkan. Selanjutnya, di bawah ini kita lihat langkah-langkah lengkap membuat sup zupa (kulit pastry buatan sendiri). 

  • Campur semua bahan, uleni sebentar. 

  • Tambahkan sedikit "air sampai adonan tercampur rata. Gulung memanjang dengan korset tipis-tipis. 

  • Lipat menjadi 2 bagian.

  • Lipat kembali menjadi 1/4 bagian, haluskan kembali, ratakan hingga emapy kali.

  • Isi dengan krim jagung. Tutup dengan kulit puff pastry. 

  • Olesi dengan kuning telur dan tutup dengan keju parut. 

  • Panggang sampai matang. Angkat dan sajikan.


Teknik Pemilihan Bahan Puff Pastry 

Saat membuat puff pastry, memilih bahan yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan yang paling penting. Bahan utama dari puff pastry adalah tepung terigu, air, garam, lemak dari adonan dan lemak untuk lipatan puff pastry.

Tepung dengan protein tinggi karena dapat menghasilkan banyak gluten, yang membuat puff pastry lebih elastis, kencang dan layerable saat dipanggang. Lemak untuk adonan digunakan dalam jumlah kecil dan dicampur dengan tepung dan digunakan untuk membuat adonan lebih halus. 

Air yang digunakan untuk membuat adonan adalah air dingin agar bahan yang berminyak tidak berminyak. Adonan juga membutuhkan penambahan garam untuk memperkuat gluten dan meningkatkan kualitas rasa. Lemak untuk puff pastry, atau lemak yang digunakan untuk “membungkus” adonan, merupakan bahan terpenting dalam teknik puff pastry. 


Teknik Membuat Puff Pastry 

Adonan pertama dalam membuat puff pastry dibuat dengan mencampurkan bahan tepung terigu, margarin, air es, garam, dan bahan tambahan lainnya seperti susu bubuk dan cream of tartar. Adonan pertama didiamkan selama 30 menit sebelum digunakan untuk langkah selanjutnya. 

Setelah adonan pertama terbentuk, proses pembuatan puff pastry dilanjutkan dengan penambahan puff pastry. Lemak yang terbungkus dalam adonan kemudian digulung menjadi lapisan-lapisan adonan dan lemak dengan cara dilipat dan digosok beberapa kali. Penting untuk diingat bahwa saat melipat dan menggiling, lapisan lemak dari puff pastry tidak bercampur dengan adonan, membentuk lapisan terpisah.


Metode Melipat Pastry

Teknik melipat puff pastry merupakan teknik yang paling sulit karena membutuhkan kesabaran, ketelitian, dan kehati-hatian ekstra. Ada 3 cara melipat lapisan puff pastry. 

  1. Metode Blitz atau Metode Scotch 

Metode ini cocok untuk membuat kue dan sosis gulung. Cara ini disebut juga cara cepat atau cara kilat, jauh lebih mudah dibandingkan cara lainnya.

Potongan corsbeta atau lemak khusus yang digunakan untuk membuat puff pastry dibentuk menjadi kubus kemudian dimasukkan langsung ke dalam adonan. Dengan cara ini, potongan karton bergelombang tidak membentuk lapisan lemak, sehingga tidak selalu mengembang secara merata saat dipanggang. 

  1. English method 

Dengan metode ini, adonan digulung menjadi persegi panjang dan kemudian permukaannya ditutupi dengan lemak. Ujung yang tidak tertutup lemak dilipat di tengah adonan, lalu ujung lainnya dilipat menjadi dua untuk menutupi lipatan pertama.

  1. France Method 

Adonan digiling dan dipotong menjadi bentuk persegi, kemudian lemak diletakkan di tengah dalam bentuk persegi dan lemak dibungkus dengan hati-hati ke dalam adonan sepenuhnya. 


Comments

Popular posts from this blog

Seperti Inilah Keunggulan Aplikasi IDN Times yang Tidak Dimiliki Oleh Aplikasi Berita Lainnya

  Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar masyarakat kita telah beralih dari media konvensional ke situs-situs berita. Seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin pesat, kini mulai bergeser ke penggunaan aplikasi-aplikasi berita.  Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat aplikasi-aplikasi berita ini memiliki banyak keunggulan dibanding media konvensional maupun situs berita. Ya, salah satunya adalah situs IDN Times yang sekarang telah menghadirkan aplikasi berita bernama IDN App.  Lantas, keunggulan seperti apa sajakah yang dimilikinya? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai keunggulan dari IDN App, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Mengusung Tampilan Newsfees yang Simple dan Jelas Keunggulan pertama dari IDN App yang tidak dimiliki oleh aplikasi berita lainnya, yakni memiliki tampilan newsfeed yang simple dan jelas. Itu artinya, kamu sebagai pengunjung tidak perlu lagi repot-repot untuk meng-klik dalam memproses deret

Fortune Indonesia Sebagai Media Bisnis untuk Millennial dan Generasi Z

  Perilisan Fortune Indonesia akhirnya secara resmi mengeluarkan edisi perdananya dengan kolaborasi IDN Media. Fortune sebagai media yang mempunyai pengaruh besar untuk mengembangkan dan memberikan fasilitas terkait bisnis. Karena keterkenalan Fortune di dunia menjadikannya dijadikan sebagai media bisnis dan ekonomi terpercaya. Anggapan itu karena Fortune selalu mengutamakan kualitas dari informasi yang disampaikannya kepada pengguna. Apa Itu Fortune? Sebelum mengenal kolaborasinya dengan IDN Media, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu Fortune. Fortune merupakan media global yang fokus dengan dunia bisnis dan ekonomi, berdirinya di New York, Amerika Serikat. Keberadaan Fortune menjadi media terkemuka di dunia karena perannya dalam menyakinkan pebisnis cukup besar. Dulunya terdapat sejarah kelam yang membuat bisnis kocar kacir, hingga pada akhirnya Fortune berdiri dan mengajak semuanya untuk bangkit dari keterpurukan itu. Peran Fortune Dalam Kolaborasinya dengan IDN Media IDN Media seb

Pengertian, Dalil dan Hadist Tentang Sedekah Menurut Islam

Sedekah dalam agama Islam berarti menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk digunakan di jalan Allah SWT. Kegiatan bersedekah bisa diartikan sebagai kegiatan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu.  Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ketika bersedekah. Hadist tentang sedekah juga sudah banyak diriwayatkan.  Kegiatan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu atau fakir miskin dalam Islam bisa berupa zakat dan sedekah. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan sebagian harta kepada orang yang berhak atau orang yang tidak mampu.  Namun, keduanya memiliki hakikat yang berbeda. Berikut ini adalah pengertian sedekah yang membedakan dengan zakat dan keutamaannya. Pengertian Sedekah Sedekah dan zakat merupakan kegiatan berbagi dengan sesama. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif dan dapat dilakukan oleh siapa saja.  Namun, hukum sedekah dalam Islam berbeda dengan hukum zakat. Sedekah memiliki sifat sunnah yakni jika dilakukan mendapat p