Skip to main content

Tertarik dengan Rusia? Mari Belajar Bahasa Rusia Dasar Disini!



Bahasa Rusia menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dan menarik untuk dipelajari. Untuk Anda yang ingin memahami bahasa Rusia, mulailah dengan belajar bahasa Rusia dasar pada pembahasan di bawah ini!

Bahasa Rusia Dasar 

Bahasa Rusia dasar memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan bahasa Inggris karena lebih mudah dalam hal pelafalannya. Apa yang akan kita baca lebih kurang sama dengan apa yang dituliskan walaupun bahasa Rusia hampir terdengar mirip dengan bahasa Ukraina dan Belarus. 

Untuk pemula, sebaiknya pahamilah bagaimana alphabet dalam bahasa Rusia dan pelafalan juga penekanannya. 

Alfabet 

Tahap awal untuk mempelajari bahasa Rusia dasar adalah memahami aksara kiril. Pahami bagaimana cara membaca dan mengerti huruf Rusia karena bahasa Rusia menggunakan aksara kiril yang terdiri dari 33 huruf Rusia. 

Cara pembacaannya dinilai tidak terlalu sulit bila dipelajari secara konsisten. Anda dapat mempelajari hal ini dengan bantuan tutor bahasa Rusia atau memahaminya sendiri lewat bantuan youtube untuk mendengar pelafalannya. 

Dalam bahasa Rusia, terdapat Cyrillic yang menjadi sistem dalam penulisan alphabet yang banyak digunakan di daerah Eropa Timur dan beberapa negara Asia Utara dan Tengah. Alphabet bahasa Rusia ini memiliki aturan penguacrapan huruf-huruf yang konsisten dan dapat dipelajari dalam waktu satu hari. 

Struktur kalimat Bahasa Rusia

Bahasa Rusia dnilai selalu memiliki kata yang relative panjang dibandingkan bahasa Inggris dan banyak mengambil serapan dari bahasa Inggris. Ada banyak kata kerja dalam bahasa Rusia yang telah diserap dari bahasa Inggris. 

Bahasa Rusia disusun dengan aturan yang sangat banyak namun aturan dan pola pembentukan kalimat dinilai sangat konsisten. Semua aturan atau struktur dinilai jelas dan konsisten sehingga mudah menentukan apakah sebuah kata benda termasuk maskulin atau feminine dalam bahasa Rusia. 

Kata Benda Maskulin, Feminim, dan Netral

Hal lainnya yang harus Anda pelajari adalah bahwa bahasa Rusia memiliki 3 golongan untuk kata benda yaitu maskulin, feminim, dan netral. Penggoloongan ini berbeda dengan bahasa Inggris dan Indonesia. 

Untuk bisa fasih, Anda hanya perlu mengamati gender suatu kata benda dalam bahasa Rusia dibagian huruf terakhir kata tersebut. Seperti Untuk Мужской род [muškoj rot] ‘maskulin’ akan diakhiri dengan huruf konsonan atau “й”.

 

Perkenalan bahasa Rusia 

Cobalah untuk mempraktikan apa yang sudah Anda pelajari dengan melakukan perkenalan mengunakan bahasa Rusia dasar. Dalam bahasa Rusia sendiri terdapat budaya perkenalan sama hal nya seperti Indonesia yang menggunakan bahasa formal dan nonformal ketika melakukan perkenalan. 


Tips Belajar Bahasa Rusia Dasar 

Ada beberapa tips belajar bahasa Rusia dasar yang apabila dipraktikkan secara konsisten bisa memahami bahasa Rusia dalam waktu singkat. Berikut tips belajar yang bisa Anda terapkan!

1. Pahami gramatika 

Tata bahasa Rusia memang sangat penting untuk dikuasai agar bisa melakukan percakapan dengan benar serta memahami mana kalimat yang benar dan yang tidak. Anda bisa memahami gramatika bahasa Rusia dengan mengikuti kelas bahasa Rusia secara online ataupun bantuan tutor. 

2. Pahami kata-kata dasar 

Setiap bahasa pastinya memiliki kosakata umum dan dasar yang hampir digunakan setiap harinya. Kata-kata dasar bahasa Rusia ini bisa Anda pahami dan pelajari cepat dengan buku-buku bahasa Rusia. 

3. Menonton film atau acara televisi Rusia

Untuk mengasah kemampuan bahasa Rusia Anda, cobalah rutin menonton film dalam bahasa Rusia yang membantu Anda dalam memahami pelafalan dan pengetauhan tambahan tentang bahasa Rusia dasar. 

4. Berteman dengan orang Rusia 

Apa yang sudah Anda pahami tentang bahasa Rusia bisa dikomunikasikan dengan teman yang menggunakan bahasa Rusia juga namun hal ini tampaknya sangat sulit dilakukan. Para ahli berpendapat bahwa seseorang harus banyak mungkin bergaul dengan penduduk asli untuk mempermudah dalam hal pembelajaran bahasanya.


Comments

Popular posts from this blog

Seperti Inilah Keunggulan Aplikasi IDN Times yang Tidak Dimiliki Oleh Aplikasi Berita Lainnya

  Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar masyarakat kita telah beralih dari media konvensional ke situs-situs berita. Seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin pesat, kini mulai bergeser ke penggunaan aplikasi-aplikasi berita.  Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat aplikasi-aplikasi berita ini memiliki banyak keunggulan dibanding media konvensional maupun situs berita. Ya, salah satunya adalah situs IDN Times yang sekarang telah menghadirkan aplikasi berita bernama IDN App.  Lantas, keunggulan seperti apa sajakah yang dimilikinya? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai keunggulan dari IDN App, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Mengusung Tampilan Newsfees yang Simple dan Jelas Keunggulan pertama dari IDN App yang tidak dimiliki oleh aplikasi berita lainnya, yakni memiliki tampilan newsfeed yang simple dan jelas. Itu artinya, kamu sebagai pengunjung tidak perlu lagi repot-repot untuk meng-klik dalam memproses deret

Fortune Indonesia Sebagai Media Bisnis untuk Millennial dan Generasi Z

  Perilisan Fortune Indonesia akhirnya secara resmi mengeluarkan edisi perdananya dengan kolaborasi IDN Media. Fortune sebagai media yang mempunyai pengaruh besar untuk mengembangkan dan memberikan fasilitas terkait bisnis. Karena keterkenalan Fortune di dunia menjadikannya dijadikan sebagai media bisnis dan ekonomi terpercaya. Anggapan itu karena Fortune selalu mengutamakan kualitas dari informasi yang disampaikannya kepada pengguna. Apa Itu Fortune? Sebelum mengenal kolaborasinya dengan IDN Media, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu Fortune. Fortune merupakan media global yang fokus dengan dunia bisnis dan ekonomi, berdirinya di New York, Amerika Serikat. Keberadaan Fortune menjadi media terkemuka di dunia karena perannya dalam menyakinkan pebisnis cukup besar. Dulunya terdapat sejarah kelam yang membuat bisnis kocar kacir, hingga pada akhirnya Fortune berdiri dan mengajak semuanya untuk bangkit dari keterpurukan itu. Peran Fortune Dalam Kolaborasinya dengan IDN Media IDN Media seb

Pengertian, Dalil dan Hadist Tentang Sedekah Menurut Islam

Sedekah dalam agama Islam berarti menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk digunakan di jalan Allah SWT. Kegiatan bersedekah bisa diartikan sebagai kegiatan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu.  Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ketika bersedekah. Hadist tentang sedekah juga sudah banyak diriwayatkan.  Kegiatan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu atau fakir miskin dalam Islam bisa berupa zakat dan sedekah. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan sebagian harta kepada orang yang berhak atau orang yang tidak mampu.  Namun, keduanya memiliki hakikat yang berbeda. Berikut ini adalah pengertian sedekah yang membedakan dengan zakat dan keutamaannya. Pengertian Sedekah Sedekah dan zakat merupakan kegiatan berbagi dengan sesama. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif dan dapat dilakukan oleh siapa saja.  Namun, hukum sedekah dalam Islam berbeda dengan hukum zakat. Sedekah memiliki sifat sunnah yakni jika dilakukan mendapat p