Skip to main content

Cara Mudah Membuat Bubur Randang

Bagi warga daerah Kalimantan Selatan mungkin sudah tidak asing dengan nama Bubur Randang. Namun, sebagian daerah lainnya tentu belum mengenal bubur satu ini. Ya, bubur randang merupakan makanan khas Kalimantan selatan.

Bubur randang merupakan bubur yang berbahan dasar sagu. Bagi sebagian orang, bubur sagu yang biasa dikenal memiliki bentuk mutiara ini tentu sudah tidak asing bukan? Nah, perlu diketahui bahwa makanan tersebut berasal dari Kalimantan Selatan lho. 

Untuk membuat bubur randang ternyata tidaklah sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit untuk didapat karena bisa Anda beli di supermarket, pasar, dan minimarket terdekat. Cara membuatnya pun terbilang mudah, siapapun bisa mencobanya sendiri dirumah. Nah, untuk membuat bubur randang, mari simak penjelasan berikut.

Bahan Yang Dibutuhkan

Untuk membuat bubur randang, ada beberapa bahan yang dibutuhkan sebagai berikut:

  • Sagu randang sebanyak 500 gram

  • Gula merah sebanyak 250 gram

  • Gula pasir sebanyak 100 gram

  • Air putih sebanyak 1.500 ml

  • Garam sebanyak ½ sendok teh

Nah, selanjutnya untuk bahan kuahnya kamu membutuhkan bahan sebagai berikut:

  • Santan sebanyak 1.000 ml dengan kekentalan yang sedang

  • Garam sebanyak 1 sendok the

  • Daun pandan sebanyak 2 lembar yang diikat simpul

Cara Membuat

Untuk membuat bubur randang, Anda bisa mencobanya dengan mengikuti langkah sebagai berikut:

  • Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan gula aren, gula pasir dan daun pandan hingga larut.

  • Setelah itu, nyalakan api sedang untuk memasukkan sagu randang untuk memasukkan sagu randang ke air. Kemudian aduk hingga merata dan tutup sesekali agar tidak menggumpal.

  • Setelah itu, masak hingga sagu terasa mengenal dan warna putih pada sagu hilang. 

  • Selanjutnya untuk membuat kuah santan maka campurkan bahan kuah dan masak hingga mendidih.

  • Setelah itu siapkan mangkuk dan tuang bubur ke dalam mangkuk kemudian siram dengan kuah santan yang telah matang. Kemudian bubur randang siap disantap..

Manfaat Bubur Randang

Bubur randang adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang sangat menggugah selera. Sagu yang merupakan bahan dasar dari bubu randang ini merupakan karbo yang bisa menjadi makanan pokok bagi sebagian daerah, salah satunya adalah Papua. 

Bahkan sebagian masyarakat di Indonesia juga masih menggunakan sagu sebagai pengganti nasi. Perlu diketahui abhwa sagu merupakan bahan yang mengandung nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Tidak heran jika manfaat sagu untuk kesehatan begitu melimpah. 

Lantas apa saja manfaat sagu yang menjadi bahan dasar bubur randang ini? Berikut diantaranya.

  • Karbohidrat murni yang terkandung dalam sagu bermanfaat sebagai sumber energy dan fungsi otak.

  • Sagu mengandung amylose sejenis pati dengan rantai glukosa yang mampu melepas gula dalam tubuh dengan jumlah yang terkontrol sehingga kadar kolestrerol terjaga dan terbebas dari penyakit jantung.

  • Memperlancar system pencernaan.

  • Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi karena kandungan zat besi, kalsium dan tembaga dari sagu.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Bubur Randang

Dalam membuat bubur randang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kualitas rasa dari bubur randang ini mulai dari jenis bahan, pilihlah bahan yang masih segar.

Selanjutnya, hal yang mempengaruhi kualitas rasa lainnya adalah cara membuatnya. Jika Anda masih pemula mungkin rasanya tidak begitu mirip dengan yang biasa Anda rasakan saat membelinya. Namun, Anda tidak boleh menyerah dalam membuat bubur randang. Karena, jika Anda sudah mengetahui trik dan langkah membuatnya dengan benar maka Anda pasti bisa membuat bubur randang yang enak.  

Baca juga: 8 Macam Makanan Khas Palembang yang Wajib Dicoba!

Comments

Popular posts from this blog

Seperti Inilah Keunggulan Aplikasi IDN Times yang Tidak Dimiliki Oleh Aplikasi Berita Lainnya

  Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar masyarakat kita telah beralih dari media konvensional ke situs-situs berita. Seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin pesat, kini mulai bergeser ke penggunaan aplikasi-aplikasi berita.  Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat aplikasi-aplikasi berita ini memiliki banyak keunggulan dibanding media konvensional maupun situs berita. Ya, salah satunya adalah situs IDN Times yang sekarang telah menghadirkan aplikasi berita bernama IDN App.  Lantas, keunggulan seperti apa sajakah yang dimilikinya? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai keunggulan dari IDN App, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Mengusung Tampilan Newsfees yang Simple dan Jelas Keunggulan pertama dari IDN App yang tidak dimiliki oleh aplikasi berita lainnya, yakni memiliki tampilan newsfeed yang simple dan jelas. Itu artinya, kamu sebagai pengunjung tidak perlu lagi repot-repot untuk meng-klik dalam memproses deret

Fortune Indonesia Sebagai Media Bisnis untuk Millennial dan Generasi Z

  Perilisan Fortune Indonesia akhirnya secara resmi mengeluarkan edisi perdananya dengan kolaborasi IDN Media. Fortune sebagai media yang mempunyai pengaruh besar untuk mengembangkan dan memberikan fasilitas terkait bisnis. Karena keterkenalan Fortune di dunia menjadikannya dijadikan sebagai media bisnis dan ekonomi terpercaya. Anggapan itu karena Fortune selalu mengutamakan kualitas dari informasi yang disampaikannya kepada pengguna. Apa Itu Fortune? Sebelum mengenal kolaborasinya dengan IDN Media, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu Fortune. Fortune merupakan media global yang fokus dengan dunia bisnis dan ekonomi, berdirinya di New York, Amerika Serikat. Keberadaan Fortune menjadi media terkemuka di dunia karena perannya dalam menyakinkan pebisnis cukup besar. Dulunya terdapat sejarah kelam yang membuat bisnis kocar kacir, hingga pada akhirnya Fortune berdiri dan mengajak semuanya untuk bangkit dari keterpurukan itu. Peran Fortune Dalam Kolaborasinya dengan IDN Media IDN Media seb

Pengertian, Dalil dan Hadist Tentang Sedekah Menurut Islam

Sedekah dalam agama Islam berarti menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk digunakan di jalan Allah SWT. Kegiatan bersedekah bisa diartikan sebagai kegiatan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu.  Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ketika bersedekah. Hadist tentang sedekah juga sudah banyak diriwayatkan.  Kegiatan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu atau fakir miskin dalam Islam bisa berupa zakat dan sedekah. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan sebagian harta kepada orang yang berhak atau orang yang tidak mampu.  Namun, keduanya memiliki hakikat yang berbeda. Berikut ini adalah pengertian sedekah yang membedakan dengan zakat dan keutamaannya. Pengertian Sedekah Sedekah dan zakat merupakan kegiatan berbagi dengan sesama. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif dan dapat dilakukan oleh siapa saja.  Namun, hukum sedekah dalam Islam berbeda dengan hukum zakat. Sedekah memiliki sifat sunnah yakni jika dilakukan mendapat p