Skip to main content

Doa Para Nabi yang Tercantum Dalam Al-Quran

Meski berbeda zaman dan berbeda kitab, namun setiap Nabi yang diutus oleh Allah SWT memiliki misi yang sama, yakni untuk menegakkan keyakinan Tauhid (Allah itu esa). Dalam menyebarkan keyakinan Tauhid, tentu saja para Nabi kita selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT agar diberikan kesabaran, ketabahan, dan kemudahan. 

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas seputar kumpulan doa para Nabi. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

1. Doa Nabi Sulaiman

Salah satu doa Nabi Sulaiman yang dipanjatkan ketika beliau hendak menundukkan bangsa jin.

“Bismillaahir rahmanir rahim. Allaa ta’luu ‘alayya wa’tuunii muslimin”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku, dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri” (QS. An-Naml ayat 30-31).

Bukan hanya itu, nabi Sulaiman juga berdoa kepada Allah SWT agar dianugerahkan sebuah kerajaan besar yang tidak dimiliki oleh satu orang pun. 

“Rabbighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghiili-ahadin min ba’dii innaka antal wahhaab”

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juga pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi” (QS. Shaad ayat 35).

2. Doa Nabi Ibrahim

Masih banyak dikalangan umat Islam yang menganggap bahwa Nabi Ibrahim adalah yang pertama kali membangun ka’bah. Padahal, bangunan Ka’bah itu sudah ada di bumi jauh sebelum Nabi Adam AS diturunkan ke dunia. 

Sebenarnya Nabi Ibrahim dengan anaknya yakni Nabi Ismail hanya merenovasi ulang bangunan Ka’bah, agar lebih tinggi dari sebelumnya. Adapun mengenai kumpulan Nabi Ibrahim seperti berikut:

“Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui. Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami, umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah kami dan terimalah taubat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima taubat, Maha Penyayang“ (QS. Al-Baqarah ayat 127-128).

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat, ya Tuhan kami, terimalah doaku. Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan orang-orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari kiamat)“ (QS. Ibrahim ayat 40-41).  


Baca juga: Niat Puasa Senin Kamis, Beserta Manfaat Puasa Tersebut


3. Doa Nabi Nuh

Saat mendengar nama Nabi Nuh, pastinya kita akan teringat kembali pada kisah banjir terbesar yang pernah terjadi di dunia ini. Pada kala itu Nabi Nuh membuat kapal perahu berukuran besar untuk menyelamatkan keluarga dan kaumnya, karena Allah SWT memberi tahunya bahwa akan ada banjir besar yang melanda.

Namun, apa yang telah dilakukan oleh Nabi Nuh malah ditertawakan oleh kaumnya. Bahkan, anak dan istri Nabi Nuh pun ikut mencemoohnya. Salah satu doa yang dipanjatkan oleh Nabi Nuh, yakni agar anaknya yang kafir dapat selamat.

“Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku dan siapapun yang memasuki rumahku dengan beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kehancuran“ (QS. Nuh ayat 28). 

4. Doa Nabi Adam 

Nabi Adam dan Hawa diusir dari surga oleh Allah SWT karena telah melanggar larangannya, yakni memakan buah kholdi. Seketika itu juga Nabi Adam memohon ampun kepada-Nya seraya berdoa:

“Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri, jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi“ (QS. Al-A’raf ayat 23). 

Baca juga: 
Kumpulan Doa Untuk Kedua Orang Tua Beserta Artinya

Comments

Popular posts from this blog

Seperti Inilah Keunggulan Aplikasi IDN Times yang Tidak Dimiliki Oleh Aplikasi Berita Lainnya

  Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar masyarakat kita telah beralih dari media konvensional ke situs-situs berita. Seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin pesat, kini mulai bergeser ke penggunaan aplikasi-aplikasi berita.  Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat aplikasi-aplikasi berita ini memiliki banyak keunggulan dibanding media konvensional maupun situs berita. Ya, salah satunya adalah situs IDN Times yang sekarang telah menghadirkan aplikasi berita bernama IDN App.  Lantas, keunggulan seperti apa sajakah yang dimilikinya? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai keunggulan dari IDN App, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Mengusung Tampilan Newsfees yang Simple dan Jelas Keunggulan pertama dari IDN App yang tidak dimiliki oleh aplikasi berita lainnya, yakni memiliki tampilan newsfeed yang simple dan jelas. Itu artinya, kamu sebagai pengunjung tidak perlu lagi repot-repot untuk meng-klik dalam memproses deret

Fortune Indonesia Sebagai Media Bisnis untuk Millennial dan Generasi Z

  Perilisan Fortune Indonesia akhirnya secara resmi mengeluarkan edisi perdananya dengan kolaborasi IDN Media. Fortune sebagai media yang mempunyai pengaruh besar untuk mengembangkan dan memberikan fasilitas terkait bisnis. Karena keterkenalan Fortune di dunia menjadikannya dijadikan sebagai media bisnis dan ekonomi terpercaya. Anggapan itu karena Fortune selalu mengutamakan kualitas dari informasi yang disampaikannya kepada pengguna. Apa Itu Fortune? Sebelum mengenal kolaborasinya dengan IDN Media, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu Fortune. Fortune merupakan media global yang fokus dengan dunia bisnis dan ekonomi, berdirinya di New York, Amerika Serikat. Keberadaan Fortune menjadi media terkemuka di dunia karena perannya dalam menyakinkan pebisnis cukup besar. Dulunya terdapat sejarah kelam yang membuat bisnis kocar kacir, hingga pada akhirnya Fortune berdiri dan mengajak semuanya untuk bangkit dari keterpurukan itu. Peran Fortune Dalam Kolaborasinya dengan IDN Media IDN Media seb

Pengertian, Dalil dan Hadist Tentang Sedekah Menurut Islam

Sedekah dalam agama Islam berarti menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk digunakan di jalan Allah SWT. Kegiatan bersedekah bisa diartikan sebagai kegiatan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu.  Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ketika bersedekah. Hadist tentang sedekah juga sudah banyak diriwayatkan.  Kegiatan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu atau fakir miskin dalam Islam bisa berupa zakat dan sedekah. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan sebagian harta kepada orang yang berhak atau orang yang tidak mampu.  Namun, keduanya memiliki hakikat yang berbeda. Berikut ini adalah pengertian sedekah yang membedakan dengan zakat dan keutamaannya. Pengertian Sedekah Sedekah dan zakat merupakan kegiatan berbagi dengan sesama. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif dan dapat dilakukan oleh siapa saja.  Namun, hukum sedekah dalam Islam berbeda dengan hukum zakat. Sedekah memiliki sifat sunnah yakni jika dilakukan mendapat p