Skip to main content

Kupas Tuntas Informasi Seputar Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Ada cukup banyak hal yang membatalkan puasa Ramadhan, dan itu merupakan beberapa kejadian yang kerap terjadi di sekitar. Karena itulah, waspadai kejadian berikut ketika puasa, agar jika batal bisa melakukan persiapan mengqadha. 

  1. Ketika Batalnya Karena Muntah Disengaja

Anda harus mengganti puasa jika sengaja memuntahkan makanan pada bulan puasa Ramadhan. Kewajiban tersebut harus dipenuhi secepat mungkin untuk menutupi kesalahan yang Anda lakukan.

  1. Akibat Nifas Maka Tidak Bisa Berpuasa Ramadhan

Wanita yang baru melahirkan seorang bayi ke dunia akan mengalami masa nifas selama empat hingga enam minggu. Kesehatan wanita pada saat ini sangat rapuh dan banyak mengeluarkan darah dari jalan lahir secara terus menerus.

Hal ini sangat berbahaya jika seorang wanita mengalami masa nifas harus berpuasa. Wanita dituntut untuk banyak mengkonsumsi makanan bergizi.

Islam merupakan agama yang sempurna yang memahami kondisi wanita mengalami masa nifas. Alasan inilah Allah melarang wanita nifas melakukan puasa di bulan Ramadhan.

  1. Hukum Berpuasa Orang Gila

Hukum berpuasa bagi orang gila adalah tidak wajib atau tidak sah. Orang gila tidak memiliki kewajiban harus mengqadha puasa karena sudah gugur kewajiban karena penyakitnya.

  1. Hukum Pingsan Selama Puasa

Hukum pingsan selama puasa ada beberapa kondisi tertentu. Kondisi pertama jika pingsan terjadi hanya setengah hari dan sudah berniat puasa sebelumnya maka puasanya tidak batal.

Kondisi kedua jika pingsan terjadi mulai imsak hingga magrib maka puasa Anda menjadi batal. Kewajiban Anda adalah menggantinya pada hari lain di luar bulan Ramadhan.

  1. Haid Membatalkan Puasa

Hal yang membatalkan puasa Ramadhan berikutnya yaitu haid, dimana ini merupakan hal wajar yang terjadi ketika seorang wanita sudah mengalami aqil baligh. Sehingga, yang perlu dilakukan adalah berbuka dan kemudian membayar puasa di lain hari. 

Kapankah lain hari yang dimaksud? Yaitu setelah bulan Ramadhan ini, dan sebelum bulan Ramadhan di tahun depan. Rata-rata remaja putri dan ibu-ibu membayar puasa qadha dengan melakukan puasa pada bulan Syawal setelah hari tasyrik. 

  1. Makan dan Minum Disengaja, Pasti Batal Puasanya

Meskipun ketika kecil diajari tentang puasa bedug, atau puasa setengah hari, tetapi faktanya ini merupakan hal yang membatalkan puasa Ramadhan. Selain makan sebelum waktu berbuka yang seharusnya, kesengajaan juga menimbulkan dosa, bukan hanya batalnya puasa. 

  1. Keluar Mani

Ketika mimpi basah di siang hari atau tidak sengaja keluar mani, maka seorang pria dewasa harus melakukan penggantian di waktu lain. Karena hal yang membatalkan puasa Ramadhan ini memang sangat penting untuk dipahami, bahwa harus ada penggantian di lain hari. 

Karena itulah, banyak ulama yang memberi saran untuk tidak melakukan tidur di siang hari bagi pria, terutama ketika tidak ada pekerjaan lain. Sangat disarankan melakukan pekerjaan yang menghasilkan rezeki halal, atau beribadah kepada Allah. 

Dengan memperbanyak istighfar dan ibadah sunnah, maka peluang dalam melakukan berbagai kemaksiatan atau tidak sengaja mimpi basah akan berkurang. Peran keluarga dan teman-teman yang beriman juga penting, agar tidak membiarkan seorang laki-laki sendirian di rumahnya pada siang hari atau ketika tak ada pekerjaan. 

Demikian ulasan tentang beberapa hal yang membatalkan puasa Ramadhan. Hindarilah perkara yang bisa memancing terjadinya hal tersebut selain yang berupa fitrah seperti nifas dan sebagainya, agar puasa Anda bisa benar-benar penuh.

Comments

Popular posts from this blog

Seperti Inilah Keunggulan Aplikasi IDN Times yang Tidak Dimiliki Oleh Aplikasi Berita Lainnya

  Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar masyarakat kita telah beralih dari media konvensional ke situs-situs berita. Seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin pesat, kini mulai bergeser ke penggunaan aplikasi-aplikasi berita.  Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat aplikasi-aplikasi berita ini memiliki banyak keunggulan dibanding media konvensional maupun situs berita. Ya, salah satunya adalah situs IDN Times yang sekarang telah menghadirkan aplikasi berita bernama IDN App.  Lantas, keunggulan seperti apa sajakah yang dimilikinya? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai keunggulan dari IDN App, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Mengusung Tampilan Newsfees yang Simple dan Jelas Keunggulan pertama dari IDN App yang tidak dimiliki oleh aplikasi berita lainnya, yakni memiliki tampilan newsfeed yang simple dan jelas. Itu artinya, kamu sebagai pengunjung tidak perlu lagi repot-repot untuk meng-klik dalam memproses deret

Fortune Indonesia Sebagai Media Bisnis untuk Millennial dan Generasi Z

  Perilisan Fortune Indonesia akhirnya secara resmi mengeluarkan edisi perdananya dengan kolaborasi IDN Media. Fortune sebagai media yang mempunyai pengaruh besar untuk mengembangkan dan memberikan fasilitas terkait bisnis. Karena keterkenalan Fortune di dunia menjadikannya dijadikan sebagai media bisnis dan ekonomi terpercaya. Anggapan itu karena Fortune selalu mengutamakan kualitas dari informasi yang disampaikannya kepada pengguna. Apa Itu Fortune? Sebelum mengenal kolaborasinya dengan IDN Media, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu Fortune. Fortune merupakan media global yang fokus dengan dunia bisnis dan ekonomi, berdirinya di New York, Amerika Serikat. Keberadaan Fortune menjadi media terkemuka di dunia karena perannya dalam menyakinkan pebisnis cukup besar. Dulunya terdapat sejarah kelam yang membuat bisnis kocar kacir, hingga pada akhirnya Fortune berdiri dan mengajak semuanya untuk bangkit dari keterpurukan itu. Peran Fortune Dalam Kolaborasinya dengan IDN Media IDN Media seb

Pengertian, Dalil dan Hadist Tentang Sedekah Menurut Islam

Sedekah dalam agama Islam berarti menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk digunakan di jalan Allah SWT. Kegiatan bersedekah bisa diartikan sebagai kegiatan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu.  Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ketika bersedekah. Hadist tentang sedekah juga sudah banyak diriwayatkan.  Kegiatan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu atau fakir miskin dalam Islam bisa berupa zakat dan sedekah. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan sebagian harta kepada orang yang berhak atau orang yang tidak mampu.  Namun, keduanya memiliki hakikat yang berbeda. Berikut ini adalah pengertian sedekah yang membedakan dengan zakat dan keutamaannya. Pengertian Sedekah Sedekah dan zakat merupakan kegiatan berbagi dengan sesama. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif dan dapat dilakukan oleh siapa saja.  Namun, hukum sedekah dalam Islam berbeda dengan hukum zakat. Sedekah memiliki sifat sunnah yakni jika dilakukan mendapat p